Zenvolution 2016: Memahami Revolusi Teknologi ala Asus ( Report Dari Bali)

Asus dikenal dimasa lalu sebagai pembuat motherboard yang handal sehingga hampir semua pengguna PC mengenal Asus. Tapi seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi Asus rupanya bertransformasi menjadi perusahaan yang sangat dikenal dengan teknologi telekomunikasi terbaru meliputi Notebook, Tablet dan tentu saja yang terkini smartphone.

Kini Asus kembali bertransformasi kembali dengan menghadirkan smartphone seri terbaru Zenfone 3. Kenapa disebut sebagai revolusi? karena sejak era Zenfone terdahulu Asus selalu mengadopsi bentuk desain yang nyaris sama hanya berbeda spek saja untuk masing-masing seri. Sehingga ketika menyebut Zenfone semua orang akan terbayang smartphone dengan desain melengkung di belakang dengan cahaya memancar khas Zen di bagian depan dibawah layar.

Kali ini Zenfone 3 benar-benar berbeda bukan cuma spesifikasi saja namun juga desain bentuk bodi yang bertransformasi total. Perubahan ini bukan tanpa resiko karena brand Zenfone sudah terlanjur menancap kuat dengan model seperti itu akan sulit diubah di pasar. Tapi Asus sangat yakin revolusi ini akan mudah diterima pasar mengingat Asus selalu ingin memenuhi kebutuhan pasar yang paling terkini. Ibarat kata Asuslah yang menciptakan pasar dan bukan pasar yang mengontrol Asus.

Mengundang Blogger Tekno ke Bali

Selain merubah desain dan prosesor suplier, sepertinya Asus juga ingin merubah image pangsa pasar Zenfone yang dulu lebih dikenal dengan produk terjangkau untuk segmen menengah ke bawah. Zenfone 3 diposisikan Asus naik kelas lebih premium untuk menjangkau kelas menengah keatas. Sehingga tidak mengherankan jika harga-harga produknya pun terjadi kenaikan yang signifikan. Sekali lagi Asus cukup tenang dan optimis perubahan inipun dengan mudah diterima pasar menginggat update teknologi yang dibawa di Zenfone 3.

undangan

Undangan Zenvolution

Untuk lebih mensosialisasikan semangat Zenvolution 2016 ke masyarakat khususnya konsumen Indonesia maka pada acara peluncuran Zenfone 3 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 7-8 September 2016, Asus mengundang berbagai pihak yang berkepentingan. Diantaranya adalah bisnis partner seperti rekanan toko dan dealer ponsel serta media partner. Media partner terdiri dari media resmi baik nasional maupun daerah serta media nonformal terutama blogger yang aktif menulis tentang ponsel atau teknologi. Dan markastekno terpilih mendapat kehormatan menjadi salah satu yang diundang untuk mengikuti event tersebut. Berikut adalah pengalaman admin markastekno mengikuti kegiatan 2 hari full di Nusa Dua Bali.

idcard2

id Card Peserta Zenvolution 2016

Asus Indonesia sebagai tuan rumah sekaligu EO dari acara akbar ini nampak sudah mempersiapkan acara ini dengan sangat matang. Mulai dari kedatangan peserta di Bandara,hingga hotel telah dikoordinasi dengan baik sehingga tidak ada satu pesertapun yang datang kebingungan mau kemana karena panitia telah sigap untuk mengkoordinirnya. Padahal memboyong hampir seribuan orang ke Bali di waktu yang bersamaan tentunya bukan pekerjaan mudah. Salut untuk team Asus Indonesia sebagai panitianya. Bagi blogger freelance seperti markastekno ini, bertemu dg jurnalis dari berbagai media serta blogger dari seluruh Indonesia menjadi awal experience yang sangat berharga dan sulit ditemukan ditempat lain. Rasanya baru Asus yang bisa mengabungkan jurnalis media resmi dan blogger dalam satu tempat. Brand-brand besar yang lain untuk acara yang sama biasanya hanya mengundang jurnalis media resmi dan partner bisnis saja.

Setelah menjamu makan siang peserta yang berdatangan dalam beberapa Bus, dihari pertama ini berlangsung acara inti yaitu rilis zenfone 3 sekaligus Zenbook 3 dan Transformer 3. Acara dimulai tepat pukul 2 siang waktu setempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Kemewahan sudah sangat terasa begitu peserta memasuki ruang peluncuran dengan sederet kursi yang diatur sedemikian rupa. Set panggung serta layar besar yang mengelilingi hampir seluruh ruang membuat peserta bisa melihat dari semua sisi. Ditambah lagi dengan sound sistem yang menggelegar menambah “keangkeran” suasana gedung ballrooom hotel international tersebut.

ruangpresentasi1

Kemewahan Ballroom Tempat Presentasi

Satu persatu para petinggi Asus menyampaikan open speech dimulai dari sang nahkoda Asus Company yaitu Ceo Jerry Shen lalu diikuti oleh petinggi-petinggi Asus yang lain. Secara bergiliran mempresentasikan keunggulan dari Zenfone 3 series yang diluncurkan hari itu. Jenis seri apa saja sudah dirilis beserta harganya bisa dilihat di artikel ini. Markastekno menangkap semangat Asus untuk menyampaikan ke publik bahwa produk mereka berkualitas tinggi sehingga pantas dihargai tinggi pula. Tengok saja desain berbahan metal tanpa batas yang bisa meyembunyikan antena, Mode foto hingga 20 mode serta perekaman video 4K adalah beberapa contoh teknologi yang sulit ditemukan di perangkat lain dikelas yang sama. Semua seri Zenfone 3 juga telah dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon menggantikan prosesor intel adalah perubahan drastis lainya.

ruangpresentasi3

Sang Ceo Jerry Shen Tampil

ruangpresentasi5

Harga Zenfone 3 Basic

Komitman Asus untuk mentaati peraturan pemerintah juga sangat terlihat jelas dengan hadirnya smartphone 4G LTE tanpa keraguan karena telah menaati aturan TKDN yang pemerintah Indonesia tetapkan. Sedangkan produk lain seperti Xiaomi memilih untuk kucing kucingan dengan pemerintah agar lolos aturan ini. Maka jangan heran kalau ada produk mereka yang sudah support 4G ternyata sengaja dikunci agar bisa lolos dijual di Indonesia.

bcl

BCL On Stage

Pada acara tersebut selain dihadirkan para model papan atas juga datang brand ambasador Zenfone 3 yaitu bintang film Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari (BCL).Yang pasti kemewahan acara tersebut sangat singkron dengan konsep zenfone 3 yang memang berkelas. Terlihat memang asus sangat serius dan tidak setengah dalam acara lounching ini. Reputasi sebagai perusahaan international memang dipertaruhkan. Markastekno turut bangga menjadi bagian dari saksi acara rilis smartphone Asus zenfone 3 ke pasar yang fenomenal.

Selesai lounching para peserta berkesempatan mencoba langsung semua perangkat yang diluncurkan hari itu. Disebelah ballroom terdapat ruang trial room dimana semua produk dipajang dan pengunjung bisa mencoba sendiri masing-masing perangkat tersebut. Hal tersebut tentu saja membuat pengetahuan tentang zenfone 3 peserta semakin mantab sehingga bisa meliput atau mereview dikemudian hari secara lebih akurat karena bukan hanya dapat dari gambar saja namun juga dari memegang dan mencoba langsung.

Incredible Race

Acara lounching yang megah dan meriah rupanya masih belum cukup buat Asus, karena dihari kedua para peserta diajak merasakan sensasi yang tak kalah menarik. Kali ini adalah outdoor activity dimana mengkombinasikan gerak fisik dengan lomba untuk menguji kekompakan group serta kemampuan Zenfone 3 yang telah dibagiakan ke semua peserta. Asus menyebutnya sebagai “incredible race” dengan hadiah fantastis yakni 100 juta rupiah untuk 5 kelompok peserta dengan point tertinggi.

incrediblerace2

Berfoto ria di salah satu pos

penaribali

sesi belajar tari bali on incredible race

Seluruh peserta yang dibagi menjadi 35 kelompok tersebut harus berjalan di seputar Nusa Dua memanfaatkan fasilitas GPS untuk mendatangi pos-pos tertentu yang sudah dibuat panitia. Meski masih diseputaran hotel tempat peserta menginap namun masing-masing pos berjarak cukup jauh karena harus ditempuh dengan jalan kaki. Lomba ini cukup menarik karena di masing-masing pos terdapat tantangan yang berbeda. Ada yang mendapatkan poin dengan mengumpulkan boneka pokemon Go sebanyak-banyaknya. Ada pula lomba menyusun gambar hasil scaning barcode,tebak lagu, menari Bali serta membuat liputan singkat dengan video 4k Zenfone 3. Dan akhirnya sekitar jam 3 sore semua peserta berhasil menyelesaikan acara di garis finish dengan menerima pengalungan medali finisher. Uji fisik, mental,kecerdasan serta kekompakan betul-betul teruji dalam incredible race ini. Asus memang wow,dengan lomba ini semua anggota team menjadi akrab dan saling kenal satu sama lain sehingga bisa terjadi sharing informasi dengan sesama blogger. Hal seperti ini sangat bermanfaat dikemudian hari agar sebagai blogger tidak ketinggalan info serta tahu update terbaru soal per-ponselan. Incredible Race

incrediblerace1

Medali Finisherpun didapatkan

Akhir kata, Asus telah memberi pengalaman fantastis untuk semua orang dengan menancapkan filosopi Zenvolution 2016 ini ke masing-masing peserta. Kami para blogger pulang dari Bali dengan membawa sejuta kenangan yang tak terlupakan. Bukan cuma mendapat kenangan merchandise berupa kaos, topi, booklet, flasdisk dll yang bakal mengingatkan kami pada acara tersebut namun juga kedekatan kami dengan Asus. Kedekatan yang membuat kami para blogger menganggap “wajib” memberitakan semua kebaikan produk-produk dari Asus di blog kami masing-masing sebagai bagian balas budi secara tidak langsung ke Asus. Tentunya tanpa mengurangi sikap kritis dan idependen kami sebagai blogger tekno.Jalinan simbiosis mutualism antara Asus dengan Blogger dan jurnalis tentu saja diharapkan membuat nama asus dengan berbagai lini produknya akan terus berkibar khususnya di Tanah Air tercinta. Terima Kasih Asus, kami tunggu even-even incredible selanjutnya di lain waktu. Mengutip mutiara kata di booklet “Jelajahi keinginan terpendam anda dan sadari…Incredible is Now

Catatan Tambahan:

Secara pribadi admin markastekno berterima kasih kepada Asus karena perangkat Asus sudah menemani sejak lama. Bukan cuma untuk membangun blog saja namun juga untuk aktifitas bisnis yang lain dan tetap awet hingga kini. Produk tersebut adalah Asus EEPC 10005PXD warna putih susu yang masih cantik hingga sekarang.

notebook-jd

Notebook Asus EEPC Rekan Kerja Setia Markastekno.com