Wajib Pakai KTP,Berikut Cara Registrasi Simcard Baru

Cara Registrasi simcard Baru – Sebagaimana kita tahu jika selama ini banyak penipuan lewat sms yang mengatasnamakan keluarga seperti mama minta pulsa,bantuan kredit dll. Nah kalau ada yang tertipu maka akan sangat sulit untuk melacak pelaku karena mereka meregistrasi kartu simnya dengan nama palsu. Hal tersebut dikarenakan memang mendaftarkan kartu pada masa lalu sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh pembeli sendiri.Namun hal tersebut tidak akan terjadi lagi dimasa mendatang karena pemerintah telah mengeluarkan aturan baru tentang proses tata cara registrasi kartu simcard baru.

cara registrasi simcard baru

Berkaca dari kesalahan proses registrasi dimasa lalu yang begitu mudah maka saat ini pemerintah bersama BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) memberlakukan aturan yang lebih ketat dalam proses registrasi kartu sim guna meminimalisir penggunaan data palsu atau identitas abal-abal.Aturan anyar soal registrasi ini baru diberlakukan kemarin 15/12/15 diseluruh Indonesia. Pingin tahu mekanisme atau cara registrasi Simcard baru? berikut ulasannya.

Tata cara mendaftarkartu sim ponsel yang baru berlaku ini sangat berbeda dengan proses yang sebelumnya.Perbedaan utama adalah kini pemegang otoritas pendaftaran adalah penjual bukan pembeli.

Berikut tahapan cara mendaftarkan kartu sim baru:

1. Pembeli wajib menyerahkan kartu identitas ketika akan membeli simcard baru,bisa berupa KTP,SIM,pasport,kartu pelajar dll.
2. Penjual kartu perdana yang sudah mendapat otoritas pendaftaran dari operator seluler akan melakukan registrasi kartu sesuai identitas pembeli.Dalam hal ini pembeli harus menunjukan kartu identitas asli yang akan didata oleh penjual dalam database mereka.
3. Setelah semua beres maka kartu sudah aktif dan pengguna bisa langsung memakai kartu yang baru saja dibeli.

Cara Registrasi Simcard Baru

Dengan proses tersebut maka nantinya semua kartu yang dipunya masyarakat akan dengan mudah teridentifikasi sehingga diharapkan penyalahgunaan kartu akan bisa diminimalisir.Diaturan baru ini yang paling bertanggung-jawab keaslian identitas pemegang adalah operator karenanya mereka harus memverifikasi semua penjual yang menjualsimcard produksi mereka.

Baca juga : Tips Cara Hemat Kuota Internet Android dengan Opera Mini

Nah sudah jelas bukan cara registrasi simcard yang baru? lalu muncul pertanyaan bagaimanan dengan pemegang simdcard lama apakah mereka harus melakukanhal yang sama? jawabanya ternyata belum diatur oleh pemerintah. Untuk pengguna lama nantinya besar kemungkinan juga diwajibkan untuk mregister ulang kartunya,hanya saja bagaimana mekanisme,cara dan hal-hal teknis lainnya masihdigodok pemerintah dan BRTI. so bagaimana sobat markastekno,siap tidak agak ribet saat beli kartu sim baru? tapi kalau untuk keamanan memang proses seperti ini seharusnya memang dilaksanankan dengan baik.