Tips Mudah Menonaktifkan autorun untuk mencegah Virus Flashdisk

Tips Mudah Menonaktifkan autorun untuk mencegah Virus Flashdisk – Saat ini flasdisk sudah menjadi sarana media simpan yang dipakai hampir semua pengguna komputer. Bahkan saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna smartphone karena adanya fasilitas USB OTG di beberapa ponsel saat ini. Popularitas flashdisk makin tak terbendung oleh karena kepraktisannya karena bentuknya kecil,ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Apalagi kapasitasnya semakin besar mendekati harddrive yang segede gaban.

Tips Mudah Menonaktifkan autorun untuk mencegah Virus Flashdisk

Namun ada satu kelemahan flashdisk yang mulai meresahkan saat ini, yakni banyaknya pemakai menjadikan flashdisk sebagai sarana penyebaran virus yang efektif dari satu komputer ke komputer lainnya serta dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Salah satu yang menyebabkan mudahnya flashdisk menularkan virus adalah dikarenakan adanya fasilitas langsung jalan atau lebih dikenal dengan Autorun. Fasilitas ini memang sudah default dimana komputer langsung membaca isi flashdisk begitu dicolokan di port USB PC anda. Autorun inilah yang sering menjadi faktor penyebaran virus dan malware lain. Untuk mencegahnya berikut markastekno sajikan tips cara mudah menonaktifkan autorun untuk mencegah virus dari flashdisk.

Kalau ada cara mudah berarti ada cara sulitnya dong? bener cara sulitnya yaitu dengan merubah settingan OS atau windows di komputer kamu. Cara ini agak terlihat lebih tehnis. Nah ada cara yang lebih simple yaitu dengan memakai software untuk mendisable autorun. Ada banyak software yang tersedia kami merekomendasikan software bernama portable windows autorun disable. Anda bisa mengunduh dilaman website softpedia.com. Karena portable maka software ini tidak perlu diinstal di komputer tapi bisa langsung dijalankan. Oh ya versi terbaru software ini sudah support dengan windows 10.

portable windows disable autorun

Caranya:

1. aktifkan software yang telah diunduh tersebut
2. dari interface akan muncul pilihan drive yang mau di nonaktifkan file autorunnya, pilih all drive agar autorun bakal nonaktif disemua drive.Kalau mau pilih salah satu drive berarti klik icon slected drive. Pokoknya harus ada salah satu yang dicentang.
3.Menu Apply to user pilih salah satu “current user” atau “all user”
4. Terakhir klik icon paling bawah yang berbunyi “disable autorun” setelah itu anda harus merestart dulu komputer kamu agar software ini berfungsi.

Nah gampang kan? untuk itu jika kamu tidak ingin komputer terjangkit virus yang berasal dari flash disk maka artikel tips mudah menonaktifkan autorun untuk mencegah virus flashdisk ini perlu kamu praktekan. Apalagi saat ini lagi maraknya ancaman virus Ransonware and the wannacry diseluruh dunia. Untuk tips menghilangkan virus android bisa dilihat disini. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan dishare jika perlu.