Tips Menghilangkan Virus Adroid Tanpa Factory Reset

Android sebagai OS paling populer dan paling banyak dipakai smartphone yang beredar diseluruh dunia saat ini tentunya sangat rentan dengan yang namanya virus atau malware. Hal tersebut ditunjang dengan mudahnya pengguna mendownload berbagai macam macam aplikasi via internet yang tak jarang disusupi oleh hal-hal yang justru mengganggu kinerja ponsel kita. Cara paling simple menghilangkan virus selain dengan anti virus seperti 360 security juga bisa dengan factory riset alias menginstal ulang ponsel dengan resiko kelingan semua data. Baru-baru ini ada cara baru untuk menghilangkan Virus Android tanpa factory reset yang diungkap sebuah blog makeuseoff, berikut caranya.

menghilangkan virus android tanpa factory reset

Secara umum ternyata cara ini mengikuti cara kerja komputer atau PC dalam keadaan darurat yaitu menggunakan fitur safe mode. Safe mode bisa dipilih untuk masuk dalam keadaan darurat karena kita bisa masuk ke sistem namun tetap aman karena aplikasi pihak ketiga tidak akan aktif dalam keadaan ini.Lalu bagaimana caranya untuk memunculkan fitur safe mode di ponsel Android? ternyata gampang kok.

Pertama pencet tombol power hingga keluar opsi untuk mematikan yaitu power off, reboot. Tekan tombol power off dan tahan beberapa saat, maka selanjutnya akan muncul opsi “reboot to safe mode”. Tekan OK jika ingin masuk ke ponsel tanpa khawatir mneghidupkan virus yang ada di smartphone kamu. Untuk menghapus aplikasi yang dicurigai membawa virus silahkan masuk ke menu setting > Apps > Downloaded. Disitu terlihat aplikasi apa saja yang sudah didownload,jika sudah ketemu tinggal ditekan lalu pilih uninstall. Untuk memastikan maka silahkan reboot kembali secara normal smartphone kamu.

Jika ternyata aplikasi tersebut belum terhapus maka kemungkinan App tersebut punya akses di adminsitator. Silahkan masuk ke Setting > security > Device administrator. Check aplikasinya lalu klik tombol next lalu klik tombol deactivated untuk menonaktifkannya. Setelah itu hapus atau uninstall aplikasi tersebut seperti cara yang sudah disebutkan diatas.

Sebagai catatan bahwasannya kemungkinan besar tidak semua ponsel Android bisa menggunakan cara tersebut. Karena sebagian kecil smartphone memakai kustom OS yang sudah diotak atik tersendiri. Sehingga device dengan model seperti itu harus menggunakan cara yang khusus dan biasanya bisa diperoleh di forum-forum developer atau pengembang software. Demikian info singkat bagaimana menghilangkan virus Android Tanpa Factory Reset untuk anda,semoga bermanfaat.