Tips Cara Memindah Aplikasi dari Ponsel ke MicroSD

Tips Cara Memindah Aplikasi dari Ponsel ke MicroSd – Saat ini ponsel demikian beragamnya termasuk juga aplikasi demikian berkembang dengan pesat.Hal itu berkonsekwensi semakin dibutuhkannya media simpan yang besar dalam sebuah smartphone untuk bisa menampung berbagai macam aplikasi ataupun koleksi gambar dan video pengguna.Celakanya tidak semua ponsel dibekali dengan kapasitas memori yang cukup besar.Nah disinilah kelebihan dari gadget yang memakai OS Android karena biasanya menyediakan tempat untuk memori tambahan atau eksternal dengan MicroSD.Hanya saja sebuah smartphone biasanya secara default menyimpan semua aplikasi di memori internal sehingga kalau tidak dipindah bisa jadi memori internal akan penuh sehingga membuat ponsel anda jadi lambat.

Untuk menghantisipasi hal tersebut diatas agar tidak terjadi maka anda sebagai pengguna harus memindahkah sendiri semu aplikasi tersebut secara manual. Sulit ah,ribet! begitu mungkin anggapan banyak orang biasanya enggan mengotak-atik media simpannya.Padahal jika perangkat kamu sudah memakai Android Lollipop 5.1 atau Marshmallow maka urusan tersebut menjadi simple karena hanya memerlukan 3 langkah saja. Berikut kami sajikan tips cara memindah aplikasi dari Ponsel ke MicroSD.

Tips Cara Memindah Aplikasi dari Ponsel ke MicroSd

tips cara memindah aplikasi dari ponsel ke microsd

1.Buka menu Setting
2.Pilih “Apps”
3.Setelah muncul list semua aplikasi serta game yang ada di smartphone kamu maka pilih salah satu aplikasi yang akan dipindah tersebut.
4.Maka akan muncul seperti di bawah ini,yaitu tampilan apps dengan keterangan force stop,uninstal serta kapasitas Apps tersebut lalu dibawah sendiri ada keterangan opsi:Clear data dan Move to MicroSD. Nah jika smartphone kamu telah terpasang microSd maka warnanya abu-abu tua dan bisa diklik sementara kalau warna abu-abu muda berarti tidak ada microsd didalamnya.

Dengan mengklik ikon “move to Microsd” maka secara otomatis aplikasi tersebut akan berpindah ke MicroSD eksternal kamu.Lanjutkan ke aplikasi yang lain dengan cara yang sama seperti itu.Namun sebelum memindah aplikasi maka perlu untuk diperhatikan kapasitas dari media simpan eksternal yang kamu punya karena masing-masing ponsel punya kapasitas penyimpanan yang berbeda.Misalnya Advan i5A Glassy Gold yang hanya support micro sd hingga 32GB saja,ini berbeda dengan Asus Zenfone 2 Laser yang bisa menampung microsd hingga 128GB.Untuk jenis kartu memori atau microsd kamu bisa memakai merk apa saja yang beredar dipasar namun yang sudah teruji salah satunya adalah V-Gen Hyper series yang tahan di rebus.

Anda juga bisa melakukan proses sebaliknya yaitu memindah dari memori microSD ke memori internal smartphone dengan cara yang kurang lebih sama tetapi yang diklik bukan ikon move to microsd tapi “move to phone”.Demikian dari adalah tips cara memindah aplikasi dari ponsel ke microsd,semoga bermanfaat.