Tidak 100% Aman,Ini Kelemahan Pemindai Mata atau Irish Scanner

Pemindai mata atau Irish scanner sejatinya adalah teknologi terbaru dalam hal kemanan yang saat ini diaplikasikan untuk membuka atau unlock ponsel. Teknologi ini dianggap sebagai terobosan yang paling mutakhir dalam bidang keamanan. Akan tetapi meski diklaim sebagai teknologi terbaru bukan berarti tanpa cela. Fitur yang baru saja disematkan dan menjadi selling point Samsung Galaxy Note 7 ini tetap punya sisi kekurangan yang menjadikan fitur ini tidak 100% aman mampu menjamin safety di ponsel kita. Apa kelemahan Pemindai mata atau Irish Scanner versi peneliti laboratorium kemanan Kapersky? berikut jawabanya seperti kami kutip dari phonearena.

kelemahan pemindai mata atau irish scanner

Teknologi ini berbasis pada teknologi biometrik yang mendeteksi retina mata seseorang yang mempunyai pola berbeda pada setiap orang. Secara umum mirip dengan pemindai sidik jari yang mendeteksi pola sidik jari pada sang pemilik perangkat yang tentunya tidak ada yang sama diseluruh dunia. Intinya teknologi ini memanfaatkan kebesaran Sang Pencipta yang menganugerahkan manusia dengan pola tertentu yang tidak sama dengan miliaran manusia lain di dunia ini. Namun disinilah juga titik kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh para pencuri data atau peretas yang handal. Berbeda dengan pasword yang bisa diubah, retina mata dan sidik jari tidak bisa diubah sehingga sekali bobol maka selesailah semua karena sudah tidak bisa diganti lagi.

Ternyata menurut ahli biometrik Jerman ada cara untuk menggandakan pemindai mata dan sidik jari dengan memanfaatkan foto beresolusi tinggi. Hal tersebut cukup masuk diakal karena kecanggihan teknologi fotografi bisa menghasilkan gambar yang tajam serta detail mirip aslinya. Termasuk dalam hal ini bisa menggandakan gambar retina mata serta sidik jari dengan sangat detail persis aslinya. Inilah yang ternyata menjadi celah yang menjadi kelemahan Pemindai Mata atau Irish scanner karena bisa jadi tertipu oleh teknologi foto tersebut.

Lalu bagaimana solusinya? menurut ahli tersebut satu-satunya cara yaitu dengan melapisi fitur kemanan dengan beberapa lapis sekaligus. Anda bisa mengaktifkan Irish scanner,lalu finger print, pasword atau pattern sekaligus. Pertahanan berlapis-lapis ini akan menyulitkan hacker atau penjahat yang hendak mencuri ponsel atau data yang anda punya. Atau bisa juga dengan memakai smartphone yang secara default didesain dengan fitur kemanan tinggi contohnya BlackPhone 2 yang dibuat perusahaan Amerika.