Tak Banyak Pakai Kok Quota Internet Bisa Habis? mungkin ini sebabnya

Hari gini nga pakai internet? itu mungkin sindiran teman kalau kita punya smartphone tapi tidak dipakai untuk internetan. Ya lebih dari sekedar sms dan menelpon aktivitas online dengan medsos menjadi menu wajib manusia terkini dengan ponsel pintarnya. Maka tak ayal jika pemakaian internet menjadi barang wajib.

Namun akses internet tidaklah gratis apalagi di Indonesia yang namanya internet tergolong mahal. Anda diharuskan untuk membeli paket internet tertentu dari operator agar bisa tetap bisa facebookan,WA-nan, line atau chat dengan teman via internet. Karena harga yang cukup menguras kantong maka anda harus berhati-hati dalam pemakaian internet agar tagihan anda tidak jebol.

Kalau mau internetan gratis ada cara paling simple sebenarnya yakni mencari jaringan wi-fi gratis yang tersebar di berbagai tempat publik ataupun cafe-cafe. Hanya saja konsekwensinya kalau ditempat umum bisa kurang nyaman karena banyak orang sementara ke cafe kalau tidak sambil beli apa-apa ya gengsi dong. Lalu adakah cara atau tips agar bisa internetan tapi tetap ngirit? jangan khawatir ada sob.

1. Pilihlah paket internet yang termurah yang ada di semua operator di Indonesia mulai dari Telkomsel,XL, Indosat, smartfren,dll. Biasanya kalau ada promo tertentu atau bundling dengan gadget tertentu bisa dapat harga diskon.
2. pantaulah pemakain data internet kamu agar tidak terkejut kok tiba-tiba paketan data sudah habis padahal tidak banyak aktifitas yang dilakukan. Untuk memantau pemakaian data internet bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus memakai aplikasi apapun.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan menu “data usage” yang bisa kamu temukan di bagian setting. Setelah dibuka maka akan muncul list aplikasi apa saja yang kamu pakai serta statistik pemakaian datanya. Dari situ akan terlihat aplikasi apa saja yang menyedot data paling banyak. O iya cara ini hanya berlaku di smartphone yang memakai Android sebagai OS nya.

setelah ketahuan yang sumber penyedot data maka klik aplikasi tersebut dan aktifkan “restriction background data”untuk mencegah data tersedot otomatis. Silahkan dilanjut ke aplikasi-aplikasi berikutnya dalam list yang dirasa masih membebani data internet kamu.

3. nonaktifkan autoupdate atau pembaruan otomatis play store. caranya cari aplikasi Google play store lalu klik setelah muncul cari garis 3 tumpuk di bagian pojok atas, klik setting , general maka akan muncul pilihan apakah akan menonaktifkan atau update atau bisa juga mengaktifkan autoupdate tapi saat di jaringan wi-fi saja.

Demikian tadi artikel tips atau cara mencegah agar pemakain data internet tidak terlalu boros. kontrol ini penting agar dalam pemakain keseharian kita bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.