Tahun Depan Android Bisa pake Layar 3D Touch lho, Mau Tahu Caranya?

Teknologi layar 3D Touch mulai dikenal publik ketika september lalu Apple merilis smartphone terbaru mereka yaitu iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Keduanya dibekali dengan fitur unik yang belum dipakai oleh ponsel lain terutama pada ponsel-ponsel berbasis Android. Namun tidak perlu khawatir karena mulai tahun 2016 semua perangkat Android bisa menikmati fitur sejenis. Seperti dikutip dari laman 9to5google bahwasanya Synaptics, sebuah perusahaan spesialis interface membuat layar yang punya kemampuan mirip 3D Touch yang bisa dipasang di ponsel Android bernama Clearpad 3700.

Sejatinya fitur ini berhubungan dengan sensitifitas layar untuk menerima sentuhan dengan berbeda tekanan. Layar akan menghasilkan efek fungsi berbeda ketika disentuh ringan ataupun berat. Demikian pula disentuh dalam jangka waktu lebih lama juga akan menghasilkan fitur yang dimunculkan berbeda pula. Selain sudah diimplementasikan di smartphone iPhone 6s teknologi ini juga sudah dipakai di jamtangan cerdas Apple watch yang diberi nama teknologi Force Touch.

3dtouch iphone 6s

Nantinya sensor tekanan jari pada teknologi ini akan diselipkan diantara lapisan layar sebuah smartphone. Menurut kutipan tersebut selain dengan tekanan 3d touch juga memungkinkan fungsi multitouch atau menyentuh dari posisi yang berbeda-beda. Bahkan juga bisa mengimplementasikan klik kanan pada layar seperti yang terjadi pada PC komputer.

Dengan terobosan teknologi Clearpad tersebut maka nantinya 3d touch tidak hanya bisa dinikmati pengguna iPhone 6S atau produk Apple saja namun juga smartphone Android kebanyakan yang beredar. Namun harap bersabar karena pengguna Android baru bisa merasakan sensasi implementasi dan realisasi dari teknologi Clearpad 3700 di smartphone pada awal tahun depan, kita tunggu update terbarunya di markastekno.com