Spele, Ini Penyebab Galaxy Note 7 Meledak

Cukup lama juga publik dibuat penasaran apa sih penyebab kasus meledaknya Galaxy Note 7. Rasa ingin tahu ini sangat wajar mengingat kasus meledaknya Note 7 bukan hanya satu dua kali saja namun cukup masif. Bagaimana mungkin perusahaan raksasa sekelas Samsung bisa ceroboh dan meloloskan produk yang sangat berbahaya di tangan konsumen.

penyebab ledakan Galaxy note 7

Samsung sendiri tidak mau kompromi dengan kasus ini, sehingga membuat keputusan radikal yakni menarik total peredaran perangkat dari pasar dan diganti dengan uang bagi yang sudah terlanjur membeli. Keputusan itu diambil setelah sebelumnya samsung mencoba memperbaiki seri Note 7 dengan versi kedua dan memberi ganti gratis kepada konsumen. Namun ternyata solusi inipun menemuia jalan buntu karena kasus meledaknya Note 7 keduapun masih kerap terjadi.

Penyebab Galaxy Note 7 Meledak

Setelah memakan waktu yang cukup lama sejak ditarik dari peredaran sekitar sebulan yang lalu akhirnya pihak pabrikan asal Korsel tersebut mengumumkan penyebab pasti ledakan tersebut. Pencarian penyebab pasti ledakan ini bukannya mudah, Samsung harus menguji 200 ribu smartpone dan 30 ribu baterai tambahan. Penyidikan tersebut melibatkan 700 staff yang terdiri dari internal dan juga pidak luar.

Ternyata sepele hanya dikarenakan desain baterai.Yup, baterai iya baterai yang dibuat oleh Samsung SDI pada tahap awal ternyata rentan terjadi konsleting dikarenakan salah desain pada ujung kanan atas baterai. Kesalahan tersebut membuat bagian tersebut rawan membocorkan eletroda positif dan negatif yang harusnya terpisah justru bertemu sehingga menimbulkan konsleting. Celakanya lagi baterai tahap kedua yang dibuat oleh pemasok berbeda yang rencananya untuk mengganti baterai pertama ternyata juga bermasalah. Alhasil gara-gara baterai ini Samsung harus menanggung kerugian trilyunan rupiah. Samsung menyimpulkan salah satu sebab kesalahan tersebut dikarenakan pemasok atau suplier yang terlalu memburu kuantitas target namun kurang berhati-hati dalam detail pembuatannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan penyebab Galaxy Note 7 meledak sebenarnya bukan dari desain ponsel maupun jeroan didalamnya yang ternyata baik-baik saja. Hanya gara-gara baterai semata citra Samsung sempat tercoreng dikalangan penguna smartphone. Namun demikian Samsung sudah menyiapkan pengganti Note 7 yakni Galaxy S8 dalam waktu dekat ini dan memastikan kejadian tersebut tidak terulang kembali.