Spek Redmi 5A,Harganya Terjangkau Bingit

Produsen asal China ini memang sering merusak harga pasar untuk kelas bawah. kali ini tugas merusak harga pasar tersebut disematkan kepada Redmi 5A yang merupakan versi upgrade dari seri Redmi 4A.Dengan harga yang cuma kisaran satu juta koma sekian Xiaomi mengklaim Redmi 5A sebagai smartphone terbaik di kelasnya. Benarkah klaim tersebut? simak ulasan markastekno tentang smartphone yang sudah dibuat di Batam tersebut.

Desain

Bodinya cukup keren dan elegan kesannya hape mahal karena berasa membawa seri iPhone. Casing belakang yang tidak bisa dilepas alias unibodi dari plastik namun karena dicat berwarna chrome maka terasa layaknya metal yang berkelas.JUga tidak begitu terasa licin jika dipegang meski disarankan memakai sarung hape biar tidak mudah jatuh.Penampakan secara umum penampilan Redmi 5A hampir sama dari kakanya, Redmi 4A dimana ada kamera plus LED flash dibagian belakang. Speaker-nya juga masih diletakkan di tempat yang sama, yaitu di belakang. Karena untuk kelas bawah maka Redmi 5A belum dilengkapi dengan sensor sidik jari.Xiaomi menyematkan layar 5 inci pada Redmi 5A. Praktis dimensinya jadi compact, menjadikannya sangat enak dipakai hanya dengan satu tangan.Karena dibuat di pabrik Xiaomi di Batam maka smartphone ini sudah disematkan “made in Indonesia” tepat di bawah logo Xiaomi bagian belakang bawah.

Sementara untuk layarnya, resolusinya HD 720p dengan panel IPS. Viewing angle-nya oke tidak ada masalah. Untuk pemakaian outdoor juga cukup oke selama set brightness maksimal.Untuk tombol navigasinya ada di luar layar alias tombol fisik dibawah layar namun sayangnya nggak ada backlit sehingga repot kalau malam hari karena tidak terlihat jelas. Ini jadi kekurangan Redmi 5A. Dibagian depan ada modul kamera selfie, earpice, dan LED notifikasi di bagian bawah.

Beda Redmi 5A dengan Redmi 4A terletak pada slot kartu microsd dimana sudah diberi slot khusus berkapasitas 256GB. Berbeda dengan Redmi 4A yang masih bertipe Hybrid alias memori harus bergantian dengan simcard. Seperti smartphone Xiaomi lainnya, di Redmi 5A juga ada sensor IR Blaster untuk mengubah smartphone jadi remote serbaguna dengan bantuan aplikasi Mi Remote.
Software

OS

Redmi 5A hadir dengan sistem operasi MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat. Beberapa fitur unggulan dari MIUI 9 seperti split screen untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan, Mi Drop untuk transfer file tanpa internet, sampai Dual Apps buat cloning aplikasi bisa berjalan tanpa hambatan.

Ada juga pilihan Themes buat ubah tampilan antarmuka dengan beragam tema yang bisa di-download secara gratis. Plus fitur Reading mode untuk mengubah tampilan layar jadi agak kekuningan, hal ini bertujuan untuk membuat mata tidak gampang sakit saat menggunakan smartphone dimalam hari.

Walaupun kelihatannya cukup simpel dan sederhana, nyatanya antarmuka dari MIUI ini lumayan makan banyak RAM. Dalam kondisi idle tanpa menjalankan aplikasi apapun, penggunaan RAM-nya bisa mencapai 1 GB atau bahkan lebih.
Hardware

Redmi 5A diklaim punya spek hardware terbaik untuk smartphone Android Rp 1 jutaan. Smartphone ini dibekali chipset quad-core Qualcomm Snapdragon 425 1,4 GHz dan pengolah grafis Adreno 308. Disematkan juga RAM 2 giga serta memori internal 16 giga.

Kami juga sudah coba main beberapa judul game kelas menengah. Game MOBA fenomenal Mobile Legends bisa running tanpa hambatan pakai setting grafis low hingga medium. Game-game lain seperti Arena of Valor, Assasin’s Creed Identity, dan Point Blank: Strike juga masih playable dengan setting grafis low.

Sedangkan untuk power didukung baterai unremovable berjeni Li-Ion 3.000 mAh. Buat pemakaian standar main game, chatting, streaming YouTube, dan browsing sesekali, screen on time yang didapat sekitar empat sampai lima jam.Tentu saja belum ada fitur fast charging

Kamera termasuk hal yang ditonjolkan dari smartphone entry-level ini. Redmi 5A dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP f/2.2 dengan fitur PDAF. Beberapa mode yang ditawarkan di antara lain Panorama, Beautify, dan Tilt-shift untuk membuat efek blur lingkaran maupun persegi panjang.

Buat yang doyan selfie, ada kamera 5 MP f/2.0 didepan plus fitur beautify yang bisa diatur dalam dua mode berbeda, yaitu smart dan pro. Saat mengaktifkan mode smart, ada tiga tingkat yang bisa dipilih: low, medium, dan high. Sedangkan mode pro memberi opsi buat atur besar kecilnya dagu dan warna kulit wajah.

Dengan harga dan spesifikasi Redmi 5A secara umum kualitas dan harganya cukup imabng artinya untuk dikelasnya spek yang dibawa tergolong berkualitas jika menilik harganya.