Resmi: Asus Rilis Zenfone 5 Di MWC 2018

Markastekno.com – Asus menjadi bintang diperhelatan teknologi tahunan Mobile World Congress 2018 yang berlangsung di bulan Februari ini di Barcelona Spanyol. ya di ajang ini Asus secara resmi merilis jajaran smartphone seri Zenfone terbaru terkini yaitu Zenfone 5. Tak hanya 1, Asus langsung menggeber 3 gadget sekaligus untuk 3 kelas berbeda. Zenfone 5Z sebagai punggawanya di kelas flagship, ada pula Zenfone 5 di kelas menengah serta yang paling rendah yaitu Zenfone 5 Lite.

Baik untuk Zenfone 5 ataupun 5Z memiliki desain bodi yang identik alias hampir sama satu sama lain. Mengusung layar nyaris tanpa bezel dengan rasio 19:9 berponi membuatnya nampak mirip dengan iPhone X punyanya Apple. Bezel tipis membuat luasan layar menjadi maksimal hingga 6,2 inchi padahal bodinya hanya 5,5 inchi.Layarnya sudah pasti kinclong karena Layar tersebut terbuat dari panel IPS beresolusi 2.246 x 1.080 piksel dengan brightness 500 nits.Sementara jika menengok pada bagian belakang ASUS menggunakan material kaca berkilau yang mirip seperti ZenFone 3 dan ZenFone 4.

Yang menarik baik Zenfone 5 maupun 5Z keduanya dilengkapi dengan dua kamera yang ternyata juga sudah mengadopsi artificial intelligent atau AI. Dengan demikian bisa dibilang keduanya memiliki sistem dual-camera cerdas yang bisa menyesuaikan dan belajar serta diklaim mampu menghasilkan foto yang lebih sempurna.

ZenFone 5Z yang menjadi varian tertinggi lini ZenFone 5 series. Hanya saja spesifikasi hardware lainnya lebih tinggi, yakni chipset Snapdragon 845 serta pilihan kapasitas RAM dan storage 4/64 GB, 6/128 GB, serta 8/256 GB.Di kelas mid-range, ASUS ZenFone 5 hadir dengan chipset kelas menengah Snapdragon 636 yang memiliki fabrikasi 14 nm. Untuk kapasitas RAM-nya ada dua, yakni 4 GB dan 6 GB. Sementara kapasitas storage hanya tersedia 64 GB.

Seperti ZenFone 5 dan ZenFone 5Z, ASUS juga merancang ZenFone 5 Lite dengan desain yang tak kalah cantik. Layar Full HD+, smartphone ini dirancang dengan layar penuh yang memiliki aspek rasio 18:9 dan bezel ultraslim.

Untuk harga memang belum diumumkan secara jelas di acara tersebut karena yang sudah pasti cuma Zenfone 5z yang merupakan kelas tertinggi di seri ini dengan bandrol harga €479 (Rp8 jutaan). Sementara untuk yang dua lagi belum dijelaskan yang pasti kemungkinan dibawah harga Zenfone 5Z.