Pilih Mana Samsung Galaxy S8+ atau S9+? ini rekomendasinya

Dua seri smartphone premium Samsung yaitu Galaxy S8 Plus dan S9 Plus ini memang membawa fitur-fitur kelas atas yang memang banyak diperlukan pada level kalangan atas.Namun jika anda dihadapkan pada pilihan apakah membeli Galaxy S8 Plus atau S9 Plus maka markastekno punya pertimbanganya untuk anda.Tentunya agar anda tidak menyesal karena memilih tidak sesuai dengan harapan ataupun keinginan pembeli.Jika kamu punya planing membeli Samsung Galaxy S9, markastekno merekomendasikan versi Plus saja karena sudah menyematkan dua kamera belakang. Dengan dual kamera tersebut kamu bisa bisa memotret bokeh juga dual-camera ini juga membuatnya nambak berbeda dengan pendahulunya yang tanpa plus yaitu Galaxy Note 8, Galaxy S8 dan Galaxy A8 maupun Galaxy Note 8.

Desain

Overall jika dilihat dari depan untuk membedakan antara Galaxy S8+ dan Galaxy S9+ tidaklah mudah karena desain yang dibawa keduanya memang mirip.Perbedaan baru nampak jika dilihat dari belakang yakni lewat konfigurasi dual-camera vertikal dan sensor sidik jari yang ada di bodi belakangnya. Tetap dengan bodi kuat nan elegan bermaterial metal dan dilapisi pelindung Gorilla Glass 5.Dimensinya yang sama dengan Galaxy S8 Plus juga membuatnya tetap nyaman digenggam. Sensornya juga lebih mudah disentuh keran sudah pindah tempat di bawah kamera.

Perbedaan yang paling nyata adalah jika digenggam maka terasa jika bobotnya Galaxy S9+ lebih berat dibanding Galaxy S8+. Selebihnya semua sama termasuk dimensi layar, letak port, serta interface-nya masih serupa.

Sementara itu Tombol power diletakan di kanan bodi, volume jack dan tombol Bixby di kiri, slot SIM hybrid di atas,dibawah ada jack audio, port USB C, serta grill dual speaker stereonya.speaker ini didukung dengan AKG plus dan Dolby Atmos untuk peningkatan kualitasnya.Persamaan lain dengan S8 Plus tetep adalah sertifikat IP68 yang tetap dipertahankan.

Untuk software Galaxy S9 sudah Android 8.0 versi 9.0 naik dari S8 yang masih versi 8.1. Sehingga jadi kalau secara umum tampilannya memang mirip, terutama untuk ikon-ikon menunya. Namun jikia lebih seksama ada perbedaan kecil yaitu. Yang pertama yaitu ada pilihan jam baru di fitur Always-on Display.Perbedaan lain bisa kita temukan di menu lockscreen and security. Dimana sekarang ada pilihan Intelligent Scan untuk buka lockscreen. Kalau di Galaxy S8 kita tidak bisa mengaktifkan iris scanner dan face unlock bersamaan, sekarang di Galaxy S9 sudah bisa lewat Intelligent Scan ini. Akurasinya pun lebih baik.Fitur ini bisa menentukan cara unlock mana yang mau dipakai iris scanner atau face unlock yang bakal aktif.

spesifikasi Galaxy S9 Plus

Dan seperti biasa Samsung kembali memberi dua pilihan prosesor buat smartphone anyar ini dan seperti biasa Galaxy S9 Plus Indonesia kebagian versi chipset Exynos 9810 yang dibangun dengan fabrikasi 10nm generasi baru.Chipset ini punya 8 inti core dengan clockspeed maksimal 2,7 GHz. Juga terintegrasi dengan GPU Mali-G72MP18. Kalau diukur dari AnTuTu Benchmark, performa Exynos 9810 bisa melampaui Snapdragon 835, baik untuk CPU maupun GPU.

Kapasitas RAM dan storage-nya juga besar dengan berbagai pilihan diantaranya RAM-nya 6 GB dan memori sebesar 64, 128, atau 256 GB plus slot microSD hybrid yang support kapasitas 400 GB.

Untuk layar tetap dengan Super AMOLED beresolusi resolusi 2.960 x 1.440 piksel, serta dukungan HDR10 sehingga layar Galaxy S9 series 20 persen lebih terang dari S8 series.Untuk baterainya masih sama dengan seri S8 Plus dengan SOT sekitar 4 jam an.

Kamera
Urusan jepret menjepret ini kamera mengalami upgrade signifikan meski dengan resolusi tetap 12 MP. Tapi fiturnya berbeda karena sudah ada dua kamera 12 MP dengan sensor Dual-Pixel generasi baru yang lebih responsif. Satu lensa dengan angle normal, satu lagi lensa telephoto 2x zoom.Menariknya, lensanya sekarang sudah ditunjang dual-aperture: f/1.5 buat low light dan f/2.4 buat cahaya normal. Secara default, aperture yang dipakai adalah f/2.4. Tapi bakal berubah ke f/1.5 ketika mendeteksi cahaya di bawah 100 lux. Atau kalau mau ganti secara manual, kita bisa pakai mode Pro.

fitur baru lain yaitu kemampuan perekaman video super slow motion 960 fps resolusi 720p. Meski durasi perekamannya hanya tidaklah lama. Kita bisa record video normal 0,2 detik jadi video super slow mo selama 6 detik. Dalam sekali record video panjang, kita bisa ambil adegan slow mo sampai 20x.

Untuk kamera depan,masih sama Galaxy S8 yakni resolusinya 8 MP f/1.7, ada autofokus, dan ada satu fitur baru, yaitu selfie focus. Dengan fitur ini kamu bisa buat foto selfie dengan efek bokeh yang menawan.