Pilih Mana iPhone Refurbished atau Second?

Dalam dunia per-Gadget-an terdapat istilah-istilah yang terkadang cukup membingungkan misalnya barang resmi,second,BM,KW dll.Khusus untuk produk dari Apple ada istilah khusus yang sering dijumpai yakni “refurbish”. Nah istilah inilah yang kadang membuat rancu jika ingin membeli. Anda mungkin mengira refurbish adalah barang second,rekondisi atau daur ulang. Semua itu kurang tepat, untuk itu kali ini kita akan bahas apa itu beda istilah refurbish dan second. Diharapkan nantinya kita bisa memutuskan pilih mana iPhone refurbish atau second.

pilih mana iphone refurbish atau second

Istilah refurbish sering dijumpai jika anda rajin browsing situs jual beli ebay misalnya dimana banyak sekali dijual iPhone dengan embel-embel refurbish. Meski perangkat game seperti Playstation juga ada yang dijual refurbish namun mayoritas memang produk iPhone lah yang sering dijual. Mungkin karena yang paling banyak diburu,sehingga dengan selisih harga sedikit saja sudah banyak yang antri beli.

Yang pasti agak sulit dicari padanan kata atau terjemahan yang tepat istilah ini ke dalam bahas Indonesia. Yang paling mendekati mungkin adalah pembaharuan atau produk ulang. Dari beberapa referensi yang markastekno baca pengertian sederhana refurbish adalah barang cacat atau bermasalah yang diperbaiki oleh pabrik lalu dijual kembali. Jadi penekanan refurbish ada 2 hal yakni barang cacat dan diperbaiki pabrik.

Untuk lebih memudahkan pengertian kasih contoh misalkan si Fulan membeli iPhone 5, baru dibeli 2 bulan sudah ada trouble. Maka si fulan mengembalikan produk tersebut dan oleh Apple diganti yang baru karena masih dalam masa garansi. Nah oleh sang pembuat dalam hal ini Apple kemudian barang dari si fulan tersebut diperbaiki dan dijual kembali diberi label refurbish dengan harga yang lebih murah dari harga baru.

Maka munculah pertanyaan pembaca, kalau begitu apa bedanya dengan rekondisi? ternyata memang agak mirip, sama-sama diperbaiki namun kalau rekondisi dilakukan oleh sembarang orang (biasanya tukang servis) sementara Refurbish dilakukan oleh pabrikan resmi dan digaransi. Jadi barang refurbish dari sisi teknis lebih terjamin mutunya karena resmi dan digaransi pabrikan.

Lalu bagaimana ciri-ciri smartphone refurbish? khusus untuk iphone memang agak mudah mengenali.Yang pertama dari box atau bungkus luarnya dimana produk resmi biasanya berwarna putih dengan gambar iPhone tersebut diluarnya. Sementara refurbish biasanya diberi box warna coklat atau putih tapi polos dan hanya ada tulisan “apple certificate”. Yang kedua dari harga, misalkan anda membeli iPhone 5 yang diklaim baru dengan harga 3 jutaan maka hampir pasti itu barang refurbish. Hal itu karena disamping sudah tidak diproduksi lagi harga baru iPhone 5 masih diatas 5 juta rupiah.

Nah sudah jelas bukan pengertian refurbish? kalau belum sekolah lagi yah he he (guyon kok). Nah kalau kita di Indonesia pilih mana iPhone refurbish atau second? markastekno merekomendasikan membeli yang second saja. Yang penting kondisinya dipastikan masih bagus dan fisik juga masih baik serta harga terjangkau. Kenapa demikian? karena khusus di Indonesia hampir tidak ada iPhone refurbish yang digaransi pabrik, sebab kemungkinan sudah tangan kedua atau ketiga. Kalaupun ada garansi paling juga garansi toko. Karena bagaimanapun namanya barang sudah diotakatik meski oleh pabrik tetap saja barang cacat dan beresiko rusak kembali. So buat kamu kamu yang pingin punya iPhone tapi terkendala dana maka sebaiknya mencari saja barang second toh banyak dijual iPhone second di kaskus dll yang dijual tinggal pandai-pandai saja kita memilih.