Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus

Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus- Setelah resmi meluncur ke pasar Trio smartphone baru Apple yaitu iPhone 8 dan 8 Plus serta iPhone X mulai di banding bandingkan dengan perangkat seri sebelumnya. Untuk iPhone X tentu saja tidak perlu dibandingkan karena punya konsep yang berbeda. Diantara trio ponsel tersebut yang paling identik adalah iPhone 8 plus dengan iPhone 7 plus. Sekilas secara fisik memang nampak tidak ada perbedaan alias identik namun kalau lebih dicermati secara detail ternyata ada perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus.

perbedaan iPhone 8 plus dan iphone 7 plus

Bodi luar

Kalau disandingkan sejajar sekilas memang nampak sama dari segi bentuk maupun ukuran keduanya tapi kalau diperhatikan detail tetap berbeda. Perbedaan tersebut dari sisi dimensi memang tergolong tipis,tengok saja dimensi iphone 8 plus yang 158.4 x 78.1 x 7.5 mm dibandingkan dengan ukuran iPhone 7 plus yaitu 158.2 x 77.9 x 7.3 mm.Tinggi, lebar maupun tebal bodi iPhone 8 plus sedikit diatas iPhone 7 plus dengan perbedaan koma mm yang tergolong kecil. Pantaslah jika sekilas seperti smartphone kembar yang dijejer. Termasuk juga dalam hal ini berimbas pada bobot iPhone 8 Plus 202g sedikit diatas iPhone 7 plus yang punya berat 188g saja.

Meski beda ukuran dan beratnya sangat tipis dan nampak sama namun keduanya tidak bisa jika bertukar casing satu sama lain. bagaimanapun sekecil apapun tetap berbeda dari sisi pola dan tentunya penempatan tombol dll.

Material Bodi

Perhatikan kedua smartphone ini ketika disandingkan, nampak keduanya berkesan berkilauan yang terpancar dari bodinya. Namun pancaran kilau iPhone 8 Plus nampak lebih kentara dan mencolok sehingga kesan mewah lebih kentara.Yup itu karena bodi iPhone 8 plus diberi material kaca khusus yang tak hanya kuat namun juga memberi kesan lebih berkelas dibanding iPhone 7 Plus. meski sama-sama tahan debu dan air namun iPhone 8 plus lebih canggih karena sudah mengadopsi wireless charging.

Prosesor

Beralih ke dalam jeroan yang tidak nampak mata, prosesor iPhone 8 Plus membuat lompatan yang cukup signifikan. iPhone 7 plus masih dengan Apple a10 sementara iPhone 8 Plus telah upgrade dengan chipset teranyar yang disebut A11 bionic. Uji benchmark menunjukan jika kinerja A11 bionic jauh lebih kencang dibanding chipset A10 kepunyaan iPhone 7 Plus.

Kamera

Profil kamera utama iphone 8 plus dan iPhone 7 plus bisa mengecoh karena keduanya sama persis baik dari sisi jumlah (double kamera) ataupun resolusi yang dipunya yakni sama-sama 12MP. Fungsi keduanya juga sama yaitu satu lensa konfigurasi lensa wide angle dengan aperture f/1.8 dan lensa satunya telephoto. Tapi faktany iPhone 8 plus tetap menjadi juaranya untuk urusan fotografi. Situs penguji kamera yang terkenal di dunia yaitu DxOmark menobatkanya sebagai smartphone dengan kaulitas photo terbaik di dunia saat ini.

Ukuran Baterai

Dari empat kriteria diatas iPhone 7 Plus selalu kalah dibanding dengan iPhone 8 plus namun untuk urusan kapasitas baterai iPhone 7 Plus kali ini lebih besar yaitu 2900mAh dibanding 2.675mAh kepunyaan iPhone 8 Plus. Tetapi lagi-lagi bukan berarti daya tahan iPhone 8 plus lebih lemah karena nyatanya chipset A11 Bionic ini dikombinasikan dengan iOS 11 diklaim Apple lebih efisien penggunaan daya sehingga daya tahan baterai juga sama dengan iPhone 7 plus. Apalagi iPhone 8 Plus punya kelebihan lain yang tidak dipunya iPhone 7 plus yakni fast charging untuk pengisian baterai lebih cepat.

Kesimpulan

Nah itu tadi diatas adalah perbedaan utama iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus dari segi luar/bodi dan dari sisi spek yang diusung. Kesimpulannya jelas namun untuk urusan harga pastinya iPhone 8 plus tentu saja jauh lebih mahal sehingga urusan kantong ini menjadi keunggulan tersendiri untuk iPhone 7 Plus.