Perbedaan Alcatel Flash Plus dan Flash Plus 2

Sebegaimana yang kita ketahui bersama bahwasannya smartphone Flash Plus 2 yang baru saja masuk ke pasar Indonesia adalah generasi terbaru penerus seri Alcatel Onetouch Flash Plus. Meski seri terbaru ini menghilangkan nama perusahaan induk yaitu Alcatel karena sudah dijual ke pihak lain namun secara faktual memang masih keluarga TCL group China.Sehingga memang banyak persamaan yang ada diantara keduanya meski tentunya banyak pula perbedaanya. Berikut ini akan kita bahas adalah perbedaan Alcatel Flash Plus dan Flash Plus 2

Perbedaan Alcatel Flash Plus dan Flash Plus 2

Desain Bodi

Sekilas sih mirip namun kalau diteliti lebih lanjut punya perbedaan yang sangat elementer yaitu bahan atau material bodi keduanya berbeda.Flash plus lebih kelihatan mewah dan berkelas karena Alcatel Flash Plus masih bertahan dengan bahan plastik khas ponsel kelas mengah bawah sementara Flash Plus 2 sudah memakai bahan metal yang lebih kuat. Namun efek penggunaan metal ini punya dampat bagi flash plus 2 yakni ketebalan bodi naik 0,2 mm dan berat naik 10gram dari seri sebelumnya tersebut.

Display

Kembali Flash Plus 2 mengalahkan sang kakak untuk urusan layar terutama dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar yang dihasilkan.Hal tersebut terjadi karena meski punya ukuran yang sama yaitu sama-sama 5,5 inchi namun resolusi Flash Plus 2 sudah Full HD mengalahkan Flash Plus yang masih HD 720p saja.

Spesifikasi Jeroan

Untuk urusan otak bagian dalam yang tugasnya mengangkat kinerja baik untuk kecepatan akses maupun kemampuan multitasking Flash Plus 2 selangkah didepan Alcatel Flash Plus.Prosesornya meski sama-sama dari mediatek dan berinti 8 atau hexa core namun prosesor Mediatek p10 punya flash plus 2 jelas lebih mumpuni dibanding mediatek MT6752M lawas punya flash plus.Hal yang sama terjadi pada kartu grafis yang dipakai juga berbeda dimana Flash Plus 2 mengusung Mali-T860MP2 tentunya lebih tangguh dibanding Mali-T760MP2 punya Flash Plus.So kinerja atau performance baik multitasking maupun grafis tentu saja Flash Plus 2 masih diatas Alcatel Flash PLus.

Perbedaan juga nampak dari kapasitas RAM dan memori yang diusung keduanya,kalau Alcatel Flash Plus hanya punya varian tunggal yaitu RAM 2GB dan memori internal 16GB maka Flash Plus 2 hadir dengan 2 varian yaitu yang satu mengusung RAM yang sama yaitu 2GB dan memori internal 16GB dan satu varian lagi yang lebih tinggi yaitu RAM 3GB dengan memori hingga 32GB.Ini tentunya pembeli mempunyai opsi yang lebih beragam kepada flash plus 2 menyesuaikan dengan harga dan kemampuan keuangan tentunya.Ditambah pula memori eksternal yang juga sama-sama diberi namun dengan Flash Plus 2 sangat lega hingga 256GB sementara yang seri alama hanya 32GB saja bisa nambahnya.

Kinerja Flash Plus 2 makin moncer karena dukungan OS terbaru saat ini yaitu Android Marshmallow yang menyajikan performa serta pilihan menu yang lebih atraktif dibanding OS lawas Android Kitkat pada Alcatel Flash Plus.

Kamera

Secara fisik untuk kamera utama atau belakang dibekali resolusi yang setara yaitu 13MP namun kembali Flash Plus 2 punya fitur unggulan yang lebih variatif untuk meningkatkan hasil gambar dari foto yang dihasilkan.Diantaranya adalah dualLEDtone flash,phase autodetection serta apperture f2.0 yang membuat fokus foto jauh lebih cepat serta hasil gambar lebih mumpuni terutama untuk foto dalam kondisi minim cahaya atau low light.

Sementara itu untuk resolusi kamera depan Alcatel Flash Plus sebenarnya lebih tinggi yaitu 8 MP dibanding penerusnya yang hanya 5MP namun kehadiran fasilitas tambahan lampu ledflash membuat hasil foto selfie diruang minim cahaya Flash plus 2 lebih baik.

Security

Fitur keamanan tercanggih saat ini adalah pemindai sidik jari atau finger print menjadi perbedaan Flash Plus 2 dan Alcatel Flash Plus yang paling signifikan. Yup flash plus 2 sudah bisa membuka kunci smartphone memakai sidik jari yang diletakan menyatu dengan tombol home sementara untuk ponsel Alcatel tersebut masih belum ada fasilitas tersebut.

Penopang Daya

Setelah kamera depan hal lain yang bisa dimenangkan oleh ALcatel Flash PLus adalah kapasitas penyimpanan baterai 3500mAh yang dipunya sedikit diatas Flash Plus 2 yang hanya 3000mAh. Namun lagi lagi kelebihan tersebut diimbangi oleh Flash PLus 2 dengan menghadirkan teknologi fast charging sehingga pengisian jauh lebih cepat yaitu hanya 1,5 jam full 100%.

Kesimpulan

Dari perbandingan diatas kiranya dapat disimpulkan bahwasanya Alcatel Flash Plus kalah dihampir semua lini oleh Flash Plus 2 baik desain,material bodi,prosesor,RAM,OS serta security. Hanya unggul di kamera depan serta kapasitas baterai Alcatel Flash Plus rasanya tidaklah terlalu signifikan.Apalagi disparitas atau perbedaan harga ketiganya tidaklah jauh karena dua varian Flash PLus 2 dijual dengan selisih tidaklah jauh berbeda yaitu masing-masing Rp.1.999.000 dan Rp.2.299.000. So markastekno merekomdasikan untuk membeli versi terbaru tanpa Alcatel tersebut jika anda ingin membeli saat ini.