Perbandingan User Interface (UI) Android Terpopuler

user interface kadangkala menjadi faktor penentu bagi seseorang dalam membeli smartphone.Pada smartphone flagship RAM 2GB keatas UI seberat apapun setidaknya masih bisa berjalan dengan baik.Tapi bagaimana nasib smartphone dengan RAM hanya 1 GB? kira-kira sepintar apakah para produsen smartphone mensiasati hal ini? dalam rangka mencari jawabannya ini dia perbandingan user interface smartphone android terpilih.

Lima user interface yang kita bandingkan kali ini yaitu Stock Rom Google berbasis Android 5.0.2 pada ZTE Blade Q Lux,HTC Sense berbasis Android 4.4.2 pada HTC Desire 526,Vibe UI berbasis android 5.1 pada Lenovo A2010,coloros berbasis android 5.1 pada Oppo Neo 7 dan MIUI berbasis android 5.1 pada Xiaomi Redmi 2.Kelimanya memiliki performa berimbang terbukti dengan scor bencmark antutu 571 yang mirip berkisar diangka 19 hingga 21 ribu point.Untuk mendapatkan hasil yang obektif seluruh smartphone yang kami uji sudah di factory reseting terlebih dahulu dan hanya kami install 2 aplikasi tambahan yaitu AIDA64 dan Antutu Benchmark 571 sementara aplikasi terpatri bawaan atau bloatware sengaja kami biarkan ada untuk menggambarkan kondisi masing-masing UI.

perbandingan UI terpilih

sebelum membandingkan performanya,kami terlebih dahulu membandingkan ukuran kelima UI tersebut.HTC sense menjadi yang paling irit dengan ukuran file hanya 2,4GB, stock rom google dan MIUI hampir sama dengan ukuran 3,1 dan 3,3 GB.Sedang Vibe UI dan colorOS jadi yang paling besar dengan ukuran 4 dan 4,3 GB.

setelah mengetahui ukuran masing-masing UI kini saatnya untuk menguji performa dan responsibilitasnya.Coloros berhasil menjadi yang tercepat dalam hal booting dengan waktu 29 detik, diikuti Vibe UI 32 detik,HTC sense 33 detik,Stok rom google 36 detik dan yang paling lama MIUI 38 detik. Selanjutnya kami menjajal responsifitasnya dengan menjajal 4 aplikasi bawaan secara berurutan yaitu telpon,sms,kontak dan kamera.Kami tidak menjalankan aplikasi terpart yang berat karena dalam hal ini prosesor akan sangat berpengaruh sehingga hasilnya kurang objectif.MIUI membutuhkan waktu 7 detik untuk membuka 4 aplikasi secara bergantian.Stock Rom Google 8 detik,HTC sense 7 detik,vibe ui 7 detik dan coloros 7 detik.Bisa dikatakan kelima ui tersebut sama-sama responsif dalam menjalankan aplikasi bawaan.

Tidak sekedar menjajal responsibilitas dan performanya kamipun mencari tahu UI mana yang paling kaya fitur.Setelah menjelajah masing-masing UI kami harus mengapresiasi coloros dan miui yang menawarkan paling banyak fitur dibandingkan UI lainnya.Bahkan Vibe UI,HTC sense dan tentu saja stock rom google bisa dibilang tidak menambahkan fitur tambahan.Dalam hal ini coloros menawarkan fitur paling lengkap mulai pilihan theme,pilihan font,efek transisi saat berganti halaman homescreen hingga fitur emotion dan gesture.

Setelah menjajal performanya timbul pertanyaan seberapa boroskah masing-masing UI tersebut.Ui mana yang paling boros RAM? Kelima smartphone yang kami uji rata-rata memiliki kapasitas ram murni 900 hingga 960 MB.Ingin tahu mana yang paling boros RAM kami menggunakan AIDA 64. Hasilnya coloros menjadi yang paling irit dengan konsumsi RAM sekitar 430MB.diikuti hTc sense dan stock rom google dengan konsumsi 510mb.Vibe ui dan Miui menjadi yang paling boros dengan masing-masing mengknsumsi 610 dan 650mb.cukup mengejutkan coloros dengan fitur paling berlimpah justru memiliki responsibilitas paling tinggi dan serta konsumsi ram paling rendah.sementara vibe ui dan htc sense tidak berbeda dengan stock rom google, tidak menawarkan fitur khusus.sedangkan MIUI menawarkan fitur yang tidak kalah melimpah dari coloros hanya saja konsumsi ramnya menjadi yang terburuk diantara keempat smartphone lainnya.
sumber:https://www.youtube.com/watch?v=dO2D-QxZRik