Perbandingan Smartphone Kamera Ganda vs Tunggal: Trend atau kebutuhan?

Perbandingan Smartphone Kamera Ganda vs Tunggal – Diawali tahun 2016 dengan Huawei P9 sebagai pelopornya, smartphone dengan 2 kamera atau kamera ganda semakin marak ditahun 2017 ini. Jika tahun 2016 adalah tahun finger print maka sepertinya tahun 2017 ini adalah tahun-nya kamera ganda. Tercatat setidaknya ada 5 smartphone dengan konsep ini sebutlah Nubia M2,Coolpad Cool Dual, Xiaomi Mi 6,LG G5,Asus Zenfone Zoom s serta iPhone 7 Plus. Hanya Samsung yang belum punya ponsel jenis ini namun nampaknya tinggal menunggu waktu karena rumornya Samsung Galaxy C10 bakal mewakili vendor Korsel itu di kelas ini.

Bukan hanya kamera ganda pada kamera belakang, belakangan muncul pemain baru yang memasang kamera ganda di depan atau kamera selfie yaitu dipelopori oleh Oppo F3, serta Vivo V5 Plus. Pertanyaanya apakah fenomena ini sekedar trend ataukah kebutuhan? dengan dua kamera tentu saja membuat smartphone tersebut menyajikan banyak fitur namun apakah hasil fotonya lebih baik dari kamera tunggal?

Untuk menjawab pertanyaan diatas sebaiknya kita simak terlebih dahulu hasil riset dari DxOMark Mobile, sebuah website yang dikenal sebagai spesialis periset kualitas kamera semua perangkat termasuk kamera smartphone di dunia. Baru-baru ini DxOMark merilis peringkat atau rating kamera dari smartphone terbaru saat ini baik yang kamera ganda maupun tunggal.Dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Dari sepuluh smartphone peringkat 10 besar teratas didominasi oleh ponsel kamera tunggal. Adalah Huawei P10 yang menjadi satu-satunya wakil smartphone double kamera yang masuk 10 besar. Itupun hanya diperingkat ketujuh, sementara mulai nomer satu hingga 6 adalah smartphone berkamera tunggal. Hasil peringkat beserta nilainya sebagai berikut : 1. HTC U11 (90), 2.Google Pixel (89), 3.HTC 10 (88),Galaxy S8 (88),Galaxy S7 edge (88),Xperia Z perf (88), 4.Huawei P10 (87).

perbandingan smartphone kamera ganda vs tunggal

gmbr:DxOMark.com

apa artinya, ternyata jika dibuat perbandingan smartphone kamera ganda vs tunggal ternyata kamera tunggal jauh lebih baik daripada kamera ganda. Meski ini adalah versi salah satu website namun setidaknya bisa dijadikan rujukan karena mereka punya standard tersendiri dalam membuat sebuah peringkat atau menilai kualitas kamera sebuah perangkat.

Kembali ke pertanyaan diawal kamera ganda :trend atau kebutuhan, maka setidaknya dari riset tersebut menunjukan bahwa kamera ganda tidak menjamin lebih baik dari kamera tunggal. Dengan demikian menurut markastekno meski ponsel kamera ganda bisa menghadirkan fitur lebih beragam namun dari sisi kualitas fotografi secara keseluruhan masih belum mampu menggeser kamera tunggal.