Perbandingan Samsung Gear 360 dan LG 360 Cam, AKsesoris Wajib Virtual Reality

Perbandingan Samsung Gear 360 dan LG 360 Cam – Disamping merilis dua gadget andalan masing-masing yakni Galaxy S7 dan S7 Edge di Samsung serta LG G5 pada LG,keduanya juga merilis aksesoris tambahan keren untuk pendamping smartphone berkelas tersebut.Kesemuanya berhubungan dengan perangkat virtual reality (VR) yang saat ini sedang trend didunia.Samsung sendiri sudah menjual perangkat berupa Samsung Gear VR di Indonesia dengan harga sekitar 1,6 juta di bulan Februari ini.Kali ini Samsung dan LG merilis 2 buah kamera untuk keperluan VR itu yaitu bernama Gear 360 dan LG 360 Cam. Dari namanya terlihat jika keduanya punya persamaan yaitu kemampuan mengambil gambar 360 derajat dari berbagai angle. Berikut uraian tentang kedua perangkat tersebut meliputi fungsi,kelebihan dan perbedaan keduanya.

perbandingan Samsung Gear 360 dan LG 360 Cam

Samsung Gear 360

Bentuknya unik dan menarik layaknya mainan anak-anak berbentuk bola mata dengan bodi chrome membulat yang mungil dan imut sehingga mudah dibawa kemana saja.Ada 2 lensa dengan letak membelakangi dengan kemampuan luas mencapai 195 derajat dengan bukaan f/2.0 sehingga keduanya bisa menyatu bahkan overlap.Terdapat lensa monokrom PMOLED dibagian atas dan tripod sebagai dudukan agar bisa berdiri dengan kokoh.Saat ini gear 360 ini hanya kompatibel dengan smartphone Galaxy S7 dan S7 Edge saja. Namun perlahan akan menyusul bisa dikoneksikan dengan perangkat kelas atas Samsung yaitu Galaxy S6, S6 Edge dan Galaxy S6 Edge+ serta Galaxy Note 5.Kamera ini juga dibekali slot MicroSD hingga 128 GB untuk menyimpan file baik gambar maupun video.

Kamera ini bisa untuk mengambil gambar beresolusi 30 MP serta video beresolusi 4k (3.840 x 1.920 pixel) lalu hasil gambar dan video tersebut bisa dilihat di perangkat sejenis yaitu Gear VR. Bahkan dengan mengunduh aplikasi Gear 360 di smartphone kamu maka semua hasil gambar dan rekaman video bisa dilihat juga di ponsel kamu.kelebihan Samsung Gear 360 ini adalah tahan debu dan perikan air dengan sertifikat IP65.Sementara LG 360 Cam punya dua kamera bersensor 13 megapixel dengan sudut pandang 200 derajat.

LG 360 Cam

Perangkat sejenis dengan Gear 360 ini yang jelas punya fungsi yang sama dengan perangkat Samsung diatas.Hanya ada beberapa perbedaan dari sisi bentuk maupun spek yang diusung.Kalau Gear 360 bentuknya bulat seperti bola maka LG sebaliknya berbentuk lonjong candybar yang melengkung dibagian ujung atas dan rata dibagian bawah sehingga bisa berdeiri sendiri tanpa kaki.2 Kamera yang diusung LG 360 cam masing-masing mampu mengambil gambar hingga 200 derajat dengan resolusi lensa 13 MP.Perbedaan lain adalah kemampuan perekaman video LG jauh lebih kecil yakni hanya 2k saja meski punya tata suara yang lebih baik yaitu 5.1.Kelebihan LG 360 cam yang lain adalah terdapatnya memori internal yang dipunya sebesar 4GB plus tentunya slot microsd.

Kesimpulan

Baik dari sisi spek maupun desain Samsung Gear 360 lebih imut ketimbang LG 360 cam yang agak kaku. Demikian pula beberapa spek Samsung juga lebih unggul.Sayang sekali belum ada kabar harga kedua perangkat tersebut serta kapan akan dijual secara global.