Perbandingan Oppo R9 dan R9 Plus,Dari layar sampai baterai

Perbandingan Oppo R9 dan R9 Plus – Setelah rumornya sempat beredar dan sudah pernah kita bahas disini akhirnya smartphone ini benar-benar dirilis resmi di China dan tepat waktu yaitu 17 Maret. Bahkan bukan cuma merilis satu smartphone saja akan tetapi dua sekaligus yaitu Oppo R9 dan R9 Plus.Seperti apa wujud dan spesifikasi yang dibawa keduanya apakah sesuai ekspektasi sebelumnya atau tidak serta persamaan dan perbedaan Oppo R9 dan R9 Plus akan kita bahas dibawah ini.Yang pasti keduanya sepertinya memang ditujukan untuk kelas menengah namun tetap dengan harga yang dibawah ponsel premium lainnya seperti Samsung. Berikut perbandingan Oppo r9 dan r9 plus:

Desain Bodi

Kalau diperhatikan sekilas agak mirip iPhone 6s dengan bodi ramping dan sudut melengkung elegan.Desain Unibodi berbahan metal membuat keduanya nampak kokoh namun tetap enak dilihat mata.Frame disekeliling bodi terlihat agak membulat memberi kesan dinamis dan nyaman dipegang mirip Advan i5A Glassy Gold.Kesan produk berkelas juga semakin terlihat dengan lapisan bodi yang disebut berbahan Zirkon. Bezel kanan kiri tergolong tipis hanya 1,66mm saja sehingga tampilan layar menjadi maksimal sementara dimensi lebih ramping.Perbedaan Oppo R9 dan R9 Plus dari luar baru nampak kalau disandingkan karena ukuran layar yang berbeda.Oppo R9 dengan luas 5,5 inchi sedang R9 plus membawa ukuran lebih besar yaitu 6 inchi namun dengan resolusi yang sama yaitu Full HD berteknologi super AMOLED.Sayang Keduanya menghadirkan hanya satu warna saja yaitu gold atau emas sehingga alternatif pilihan menjadi terbatas.

perbandingan Oppo r9 dan r9 plus

Spesifikasi

Sama seperti bodi kalau melihat lebih jauh ke spek keduanya juga ada persamaan dan perbedaan.Persamaan Oppo R9 dan R9 Plus terletak pada besaran RAM 4GB yang dipakai lalu media simpan internal 64 GB yang diberi alternatif minambah dengan microsd hingga 128 GB disalah satu dua slot simcard yang ada (hibrid).Lalu juga sama-sama dibekali sensor sidik jari super cepat (0,2 detik) yang diletakan di tombol home.Baik Oppo R9 maupun R9 plus juga mengutamakan menu kamera selfie sebagai jualan utama dengan membekali kamera depan beresolusi besar yaitu 16 MP. Plus fitur self perfection technology dan fitur-fitur penunjang yang lain pokoknya urusan selfie nga bakalan kecewa deh sama oppo.Keduanya juga sudah mengadopsi jaringan 4G LTe tentu saja,usb OTG namun minus NFC dan radio fm.

Perbedaan muncul lagi pada jenis prosesor yang dipakai dimana R9 memakai MediaTek Helio P10 sementara R9 Plus dibekali Snapdragon 652 yang punya keunggulan bisa untuk merekam video beresolusi 4k.Baterai keduanya juga beda kapasitas yaitu untuk R9 hanya 2850 mAh sementara R9 Plus jauh lebih besar mencapai 4120 mAh berjenis nonremovable. Keduanya dibekali fitur fast charging VOOC fast charge tapi bukan teknologi terbaru yang diperkenalkan di MWC Februari lalu seperti gosip selama ini beredar.

Perbedaan lain yang menonjol adalah besaran resolusi kamera utama dimana untuk R9 dibekali kamera yang lebih kecil dibanding kamera depan yaitu 13 MP saja. Sedangkan untuk kamera Oppo R9 Plus depan belakang punya kekuatan sama yaitu 16 MP dengan sensor Sony IMX298. Sayangnya keduanya masih dibekali dengan OS colorOS 3.0 berbasis android Lollipop 5.1 padahal sudah ada yang lebih baru Android Marshmallow dan bahkan Android N sudah mulai rilis previewnya. Sebagai ponsel kelas atas tentunya ini menjadi kekurangan Oppo R9 dan R9 Plus tersendiri.

perbedaan Oppo dan R9 Plus

Dengan berbagai macam perbedaan spek diatas tentu keduanya pastinya dibandrol dengan harga yang berbeda pula.Untuk R9 dijual 2.799 yuan atau sekitar Rp 5,5 juta dan R9 Plus dipatok 3.299 yuan atau sekitar Rp 6,5 juta rupiah.Sayangnya saat ini baru tersedia di pasar China mulai 24 maret untuk R9 dan 12 April untuk R9 Plus. Meski belum ada konfirmasi ketersediaan global namun seperti biasa kemungkinan tidak lama bisa ditemui dipasar tanah air biasanya menggandeng ecommerce lazada datau blibli bahkan kadang tersedia di kaskus terlebih dahulu seperti halnya Oppo R7 Plus. Demikian perbandingan Oppo R9 dan R9 Plus, semoga info ini bermanfaat untuk pembaca markastekno.