Perbandingan iPhone SE dan iPhone 6s

Smartphone buah karya Apple yang terbaru sudah masuk pasaran termasuk ke Indonesia,anda bisa baca disini, namun tetap menarik untuk membahas lebih detail tentang smartphone ini. Ya iPhone SE terbaru sering disebut-sebut sebagai versi mini dari iPhone 6s, kalau memang demikian kenapa memakai nama SE dan bukan menyebut sebagai versi iPhone S6 mini? ini mungkin masih menjadi pertanyaan banyak orang termasuk admin markastekno.Saking bingungnya banyak orang yang mempelesetkan kepanjangan SE adalah “super ekonomis” karena memang harganya lebih murah dari seri iPhone 6S. Jadi apa sebabnya tidak disebut versi mini? dengan membuat perbandingan iPhone SE dan iPhone 6s berikut mungkin akan menjawa pertanyaan itu.

perbandingan iphone SE dan iPhone 6s

Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata memang iPhone SE ini bukan cuma sekedar lebih kecil dari sisi postur (hanya 4 inchi) atau menyusut 0,7 dari iPhone 6s yang 4,7 inchi. Meski bentuk mungil itu dirasa lebih pas ditangan namun dari sisi jeroan meski ada persamaan namun ada juga perbedaan yang cukup signifikan antara iPhone SE dan 6s. Beberapa perbedaan itu diantaranya:

1. Resolusi layar tergolong kecil
iPhone SE punya resolusi layar 1.136×640 piksel itu artinya tidak sampai masuk kategori HD padahal smartphone premium saat ini minimum HD seperti yang iPhone 6s punya.
2. Tidak tersedia Versi media simpan yang besar
keduanya sama-sama tidak support slot microsd untuk menambah kapasitas memori sehingga mau tidak mau pengguna harus memilih gadget ini sesuai dengan kapasitas yang ada. iPhone 6s menyediakan 3 pilihan kapasitas memori yaitu 16GB,64GB dan yang terbesar 128GB sedangkan iPhone SE hanya ada 2 yaitu 16GB dan yang paling gede 64GB saja.Dengan fasilitas kemampuan perekaman video 4k tentunya butuh kapasitas penyimpanan yang besar dan ini tidak dipunya iPhone SE.

3.Tidak Membawa 3D Touch

Teknologi layar terbaru 3D Touch atau force touch yang untuk pertama kali disematkan di iPhone 6s ternyata justru dihilangkan di iPhone SE sehingga tidak ada yang istimewa dari sisi kemampuan layar.Padahl teknologi yang bisa mendeteksi tingkat tekanan sentuhan pada layar tersebut adalah teknologi revolusioner yang sepertinya bakal diikuti gadget lain.

4.Kamera

Sebenarnya untuk kamera utama atau belakang sudah memadai dengan resolusi yang sama dengan iPhone 6s yaitu 12MP isight namun kamera depan justru mengalami downgrade kembali ke seri iPhone 5s yaitu hanya 1,2 MP saja. Apple hanya menambahkan fitur “retina flash” yang fungsinya sama dengan screen flash di Oppo F1 dimana layar bisa berfungsi sebagai cahaya untuk menerangi obyek foto.perbandingan iphone se dan iphone 6s

5. Sensor sidik jari lebih lambat

Sekilas keduanya baik iPhone SE maupun 6s sama-sama dibekali fitur keamanan sidik jari atau finger print sensor namun ternyata teknologi yang dikenakan bukanteknologi terbaru. ALhasil proses pendeteksian sidik jari di iPhone SE lebih lambat dibanding di iPhone 6s yang sudah memakai generasi terbaru pemindai sidik jari.

Dari 5 hal perbandingan iPhone SE dan iPhone 6S tersebut terlihat jika seri terbaru iPhone SE memang bukan versi mini dari iPhone 6s namun lebih tepatnya seri baru dengan layar lebih kecil dengan prosesor yang sama dengan iPhone 6s.Lebih tepatnya Apple ingin membuat produk dengan harga yang lebih terjangkau dan ukuran layar yang lebih pas ditangan.