Perbandingan iPhone SE dan iPhone 5C,Dari live photo sampai video 5k

Smartphone terbaru besutan pabrikan kebanggaan negara adidaya Amerika Serikat masih ini masih anget di pasaran termasuk di Indonesia iPhone SE sudah bisa di-pre-order meski disinyalir bukan barang resmi.Kalau kemarin kita membandingan iPhone SE dengan iPhone 6s tentunya tidaklah terlalu sulit karena secara kasat mata keduanya punya ukuran yang jauh berbeda.Tapi bagaimana jika disandingkan dengan iPhone 5C? pastinya akan lebih sulit membedakan karena bentuk maupun ukurannya sama persis.Desain sama di seri terbaru ini sempat dikeluhkan oleh banyak pecinta gadget Apple karena mereka lebih suka versi iPhone 6s namun dengan ukuran lebih kecil.Karena sudah beredar maka perlu diinfokan perbandingan iPhone SE dan iPhone 5C serta perbedaan keduanya secara gampang.

perbandingan iphone SE dan iPhone 5C

Dari segi fisik bodi sekilas antara iPhone SE dan iPhone 6S memang agak sulit membedakan namun bukan berarti tidak bisa karena kalau lebih detail akan ketemu. Pertama yang paling mudah yaitu dengan membalik bagian casing belakang karena di bagian bawah terdapat keterangan jenis seri iPhone apakah SE atau 5C. Cara kedua adalah mengenali dari warna casing luarnya karena meski sama-sama ada pilihan warna silver dan hitam namun iPhone SE ada tambahan 1 warna yang tidak dipunya 5c yaitu rose gold. Jadi kalau ada yang memegang iPhone berukuran 4 inchi berwarna kembang emas berarti bisa dipastikan adalah iPhone SE, tanpa perlu bertanya ke yang punya biar tidak kelihatan norak.

Itu tadi kalau dilihat dari luar lalu bagaimana jika harus melihat daleman alias menu-menu didalamnya tentu saja jauh lebih mudah karena banyak perbedaan dari sisi spek keduanya. Dari sekian banyak faktor tersebut berikut adalah yang paling simple membedakan iPhone SE dan iPhone 6S yaitu melihat menu kamera keduanya seperti yang kami kutip dari detikinet.

1.Ketika mengaktifkan fitur kamera maka di iPhone SE akan anda temui menu yang tidak terdapat di iPhone SE yaitu “Live Photos” yang terletak ditengah-tengah disamping menu HDR.

live photo iphone se

gbr: detik.com

2.Masih pada menu kamera di iPhone SE terdapat pilihan menu slow-motion yang tidak muncul di iPhone 5c,caranya klik setting > photo & camera > record slo-mo

3.Yang terakhir adalah opsi perekaman video 4k juga hanya ada di iPhone SE,caranya dari setting > photo & Camera > Record Video > 4k at 30fps

Demikian tadi perbandingan iPhone SE dan iPhone 5c agar pembaca markastekno bisa membedakan dengan mudah perbedaan keduanya.Tentu saja masih banyak faktor lain kalau mau melihat lebih jauh misalnya jenis prosesor, besaran RAM serta kapasitas penyimpanan juga berbeda. Belum lagi harga iPhone SE Sekitar 7 jutaan di Indonesia yang tentunya jauh lebih mahal dibanding 5C. Faktor-faktor diatas hanya yang paling simple dan gampang untuk diamati oleh awam. Dengan informasi ini diharapkan pembaca tidak terkecoh dengan penampilan kedua smartphone Apple tersebut.