Perbandingan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Perbandingan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus – Yang kembali mencatatkan sejarah sejauh ini karena mengeluarkan smartphone terbaru di bulan September ini rupanya tidak hanya Asus dengan Zenfone 3 series-nya yang dirilis di Bali dimana markastekno ikut berpartisipasi. Kali ini sang perusahaan ikonik Apple merilis 2 ponsel andalan terbaru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di markas mereka di California Amerika Serikat. Bagaimana perbandingan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, termasuk perbedaan spek keduanya?

perbandingan-iphone-7-dan-iphone-7-plus

Kenyataan rilis kali ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat sebelumnya bocoran atau gosip yang beredar mengenai ponsel ini sudah banyak sekali yang beredar. Dan ternyata hampir semua bocoran yang beredar tersebut ternyata benar adanya. Yang paling hot dan benar adanya adalah soal hilangnya jack audio 3,5mm.

Secara umum dibanding iPhone 6 dan 6S sebenarnya dari sisi fisik tidak terlalu banyak perbedaan dan hampir sama. Termasuk tetap mengusung konsep unibodi dengan sudut melengkung elegan. Hanya saja tentu dari sisi hardware terjadi peningkatan dalam beberapa aspek. Hilangnya jack 3,5mm diganti Apple dengan menghadirkan baterai lebih besar,kamera lebih baik serta kualitas suara yang meningkat. Ada pula tambahan 2 warna dari sebelumnya yang hanya gold,rose gold,silver yaitu Black dan jet black.

iPhone 7 dan 7s sama-sama mengusung layar retina berkualitas namun berbeda ukuran dan resolusi. Untuk iPhone 7 memakai layar 4,7 inchi dengan resolusi HD sementara untuk iPhone 7s dengan ukuran 5,5 inchi dengan resolusi FHD. Konsekwensinya membuat bobot iPhone 7 lebih ringan yaitu hanya 138g sementara iPhone 7 Plus mencapai 188g.

Keduanya diotaki oleh Apple A10 Chip Fusion 64 bit dengan kapasitas memori internal yakni 32GB,128GB dan 256GB. Kapasitas RAM masih belum teridentifikasi, namun yang pasti tanpa slot microsd alias tidka bisa menambah kapasitas memori internal menjadi kekurangan iPhone 7 dan 7 Plus ini.

Tetap dengan fitur pemindai sidik jari yang letaknya menyatu dengan tombol home ,iPhone 7 dan 7 Plus sekarang mengusung konsep anti air dengan sertifikasi IP 67. Itu artinya ini adalah smartphone pertama Apple yang bisa dibawa menyelam kedalaman 1 meter selama 30 menit. Kualitas suara keduanya tentunya makin joss karena dilengkapi 2 speaker stereo diatas dan di bawah.

Dan yang paling beda adalah kehadiran kamera dimana sama-sama mengusung 12 MP di belakang dilengkapi dengan OIS dan Quad LEDflash. Disinilah nilai plus dari iPhone 7 Plus karena kamera utama ada 2 alias double seperti halnya dua kamera Leica di Huawei P9. Dengan fasilitas ini maka kamu bisa melakukan telephoto atau zooming dengan detail. Sementara itu untuk kamera depan diberi lensa berkapasitas 7 inchi.

Perbandingan Harga

Dengan berbagai macam perbedaan tersebut tentunya membuat harga jual keduanya juga berbeda. Dengan rincian berikut ini :

untuk iPhone 7:
kapasitas 32 GB dibandrol USD 649 atau Rp 8,5 juta
kapasitas 128 GB dibandrol USD 749 atau Rp 9,8 juta
kapasitas 256 GB dibandrol USD 849 atau Rp 11 juta

iPhone 7 Plus
kapasitas 32 GB dibandrol USD 769 atau sekitar Rp 10 juta
kapasitas128 GB dibandrol USD 869 atau Rp 11,4 juta
kapasitas 256 GB dibandrol USD 969 atau Rp 12,7 juta

Harga tersebut masih harga dasar di AS yang tentunya bakal jauh lebih tinggi ketika sudah memasuki pasar sesungguhnya. Sayangnya Indonesia tidak termasuk negara yang dimasuki keduanya pada awal peluncurannya ini.