Perbandingan Huawei P9 Lite vs Oppo F1s

Smartphone andalan pabrikan China Huawei P9 sudah sejak awal tahun lalu dirilis dan cukup menghebohkan pasar karena mengusung kamera buatan Leica. Namun sampai hari ini belum masuk resmi ke Indonesia dan ternyata yang justru masuk terlebih dahulu adalah versi yang lebih murah yang disebut Huawei P9 Lite yang dulu hanya beredar di Rusia. Tentu bermain di segmen yang lebih rendah dibanding P9 yang lebih premium tentu saja harganya lebih terjangkau. Harga jualnya di Indonesia bakal sama dengan Oppo F1s yang sudah resmi di Indonesia. Nah tentu menarik membandingkan kedua menjadi sebuah perbandingan Huawei P9 Lite vs Oppo F1s Huawei P9 Lite tersebut? berikut ulasannya.

perbandingan huawei p9 lite vs oppo f1s

Diluncurkan dari kantor Huawei Indonesia di Gedung BRI hari ini, terlihat bentuknya sih tidak jauh berbeda dengan versi P9 reguler namun tentu tampak tidak semewah saudara tuanya tersebut. Sama-sama mengusung desain unibodi namun Oppo F1s sedikit lebih lega dengan ukuran layar 5,5 inchi beresolusi HD sementara P9 Lite hanya 5,2 inchi tapi resolusi sudah FHD 1920 x 1080 sehingga tentu saja lebih tajam.

Perbandingan spek

Antara Oppo F1s dengan Huawei P9 Lite kinerja komputasinya tidak terlalu jauh bedanya karena meski berbeda jenis prosesor namun kelasnya hampir sama. Huawei P9 Lite memakai otak Kirin 650 Octa core sementara Oppo F1s mengusung prosesor buatan MediaTek MT6750 1,5GHz Octa-core 1,2 GHz. Keduanya juga dibekali RAM sama-sama 3GB hanya beda memori internal dimana Huawei P9 Lite hanya 16GB sementara Oppo F1s 32GB plus dibekali slot microsd hingga 128GB pada keduanya. Os yang disematkan Huawei P9 Lite lebih update yakni mengusung Android Marshmallow 6.0 sedang F1s masih Lollipop. Baterai yang dibawa juga hampir sama yakni 3000mAh di P9 Lite dan 3075mAh di F1s. Keduanya sudah support koneksi 4G LTE dan dual simcard. Huawei P9 Lite juga ada fasilitas radio FM yang absen di Oppo F1s.

Oppo F1s sesuai target marketnya terlihat sangat superior dari Huawei P9 Lite untuk urusan kamera selfie dengan 16MP di depan dan 13Mp di belakang. Dibanding P9 standar yang memakai Leica, P9 Lite kameranya tergolong biasa saja dengan resolusi 13 MP di belakang dan 8MP di depan. Berbagai fitur dukungan disematkan di kamera Huawei P9 Lite diantaranya teknologi BSI AF serta lampu flash. Bahkan ditunjang juga dengan beberapa menu seperti Pro Video,Night Shot, Slo-Mo Video,Light Painting, Good Food, HDR, Panorama, Perfect Selfie, Time-Lapse dan Pro Photo.

Perbandingan Harga

Bandrol harga keduanya sama persis yaitu 3.799.000 tapi tentu saja Oppo F1s sudah tersedia sementara Huawei P9 Lite baru masa pre-order mulai 23-30 September ini sementara ketersediaan resmi dipasar sekitar awal Oktober.