Perbandingan Asus Zenwatch 3 dan Samsung Gear 3

perbandingan Asus Zenwatch 3 dan Samsung Gear 3 – Even tahunan IFA 2016 dimanfaatkan berbagai produsen smartphone untuk mengenalkan perangkat terbaru mereka ke pasar. Salah dua yang menggunakan even tersebut adalah pabrikan asal Korsel dan Taiwan yaitu Samsung dan Asus. Kali ini bukan smartphone tapi keduanya hampir bersamaan mengeluarkan wearable berupa smartwatch atau jam cerdas seri ketiga yaitu Asus Zenwatch 3 dan Samsung Gear 3.

perbandingan Asus Zenwatch 3 dan Samsung Gear 3

Keduanya adalah generasi penerus dari Asus Zenwatch 2 dan Samsung Gear 2 yang sudah masuk pasar global. Sepertinya memang keduanya terlibat perseteruan agar sama-sama bisa merebut hati penggemar jam pintar. Nah bagaimana menentukan perbedaan keduanya mulai dari fisik sampai jeroan ? berikut info perbandingan Asus Zenwatch 2 dan Samsung Gear 3

Bentuk Fisik

Kalau keduanya disandingkan sebenarnya secara fisik terlihat hampir sama yaitu sama-sama berbentuk lingkaran bulat. Zenwatch 3 lebih terkesan feminim karena bulatan terlihat lebih halus sementara Gear 3 terlihat lebih sporty dengan lingkaran bergerigi di bagian luarnya. Ukuran diameter lingkaran juga hampir sama persis hanya saja Gear 3 lebih tipis yaitu 10,75mm sedangkan Gear 3 mencapai 12,9mm. Keduanya juga dibekali fisik yang tangguh dengan kemampuan tahan air dan anti gores dengan sertifikasi IP67 Pada Zentwatch 3 dan IP68 pada Gear 3.

Pada bagian layar juga berukuran hampir sama yakni 1,3 inchi dengan teknologi Amoled namun Zenwatch 3 nampak lebih jelas dan tajam karena punya resolusi 400x400piksel atau sedikit diatas Gear 3 dengan resolusi 360×360 piksel.

Spesifikasi

Untuk bagian dalem masing-masing diotaki oleh prosesor yang berbeda. Zenwatch 3 memakai snapdragon wear 2100,sementara Gear 3 memakai Exynos Dual core dengan speed 1GHz. Perbedaan keduanya berlanjut pada besaran RAM dimana Gear 3 lebih superior dengan 768Mb sedangkan pesaingnya tersebut hanya 512MB saja. Tapi setelah itu banyak persamaan yang muncul yaitu sama-sama berkapasitas memori simpan 4GB dan OS Android terbaru Android Wear v2.0.

Untuk kapasitas baterai yang dipunya jam buatan Samsung kembali lebih kuat dengan kapasitas 380mAh sedangkan Gear 3 hanya 340mAh saja. Namun Gear 3 sudah dibekali fitur kekinian yaitu pengisian cepat yang disebut dengan “hypercharge” sehingga tidak sampai 30 menit sudah bisa mengisi penuh. Untuk memudahkan pengisian Zenwatch juga dibekali baterai compact OTG.

Fitur

Meski penampilan luar sama namun ada perbedaan mencolok untuk urusan antar muka. Samsung gear 3 nampak lebih atraktif dan dinamis karena lingkaran luar jam bisa diputar untuk melihat notifikasi maupun aplikasi. Untuk menerima maupun menolak panggilan bahkan bisa dengan tidak menyentuh layar sama sekali.

Untuk urusan koneksi Zenwatch 3 juga masih kalah karena hanya support wi-fi dan bluetooth sementara Gear 3 support bluetooth,wi-fi, GPS,MST,NFC,LTE.

Perbandingan Harga

Kabar harga ini masih belum jelas betul namun dari bocoran gsmarena menyebut jika Samsung Gear bakal dibandrol USD445 atau 5 jutaan,sedangkan Zenwatch 3 lebih murah dengan harga USD300 atau sekitar 3 jutaan. Setelah mengetahui perbandingan Asus Zenwatch 3 dan Samsung Gear 3 maka kita tinggal tunggu saja rilis resminya untuk pasar global. Jadi pilih mana Asus Zenwatch 3 atau Samsung Gear 3? terserah anda tentunya.