Mirip Macbook Air, Ini Spek Mi Notebook Air

Xiaomi ini sepertinya terang-terangan mengekor kesuksesan Apple dalam membuat perangkat-perangkat terbarunya dari mulai smartphone,aksesoris dll. Meski tidak 100% menjiplak namun hampir semua orang tahu jika perangkat buatan Xiaomi agak-agak mirip baik dari sisi desain maupun spek dengan smartphone buatan Apple yaitu iPhone namun dengan harga yang jauh lebih murah. Nah ternyata bersamaan peluncuran Xiaomi Redmi Pro ternyata dirilis pula notebook pertama mereka yang diberi nama Mi Notebook Air. Dari namanya saja sudah terlihat jika perangkat ini ingin bersaing dengan notebook legendaris Apple yaitu Macbook Air. nah seperti apa spek Mi Notebook Air serta kelebihan yang dipunya dibanding Macbook Air? ikuti ulasan dibawah ini.

spek Mi Notebook Air

Sekilas penampilanya luarnya mirip dengan smartphone Xiaomi yang sudah beredar dipasaran dengan display image khas yang sama dengan di smartphone. Dan sudah pasti semua produk Xiaomi selalu berciri tipis,ringan namun tenaga dan otaknya powerfull. Bahkan kalau dibuat perbandingan Mi Notebook Air dengan Macbook Air ternyata punya Xiaomi punya beberapa keunggulan. Diantaranya ukuran ketebalan bodi Mi Notebook Air hanya 14.8mm atau masih lebih tipis dibanding Macbook Air yang mencapai 17mm. Ukuran dimensi keseluruhan Mi Notebook juga lebih kecil meski sama-sama mengusung layar 13,3 inchi. Hal itu dikarenakan bezel sekeliling layar dibuat setipis mungkin (5.59mm) sehingga tidak boros ruang. Layar juga mengusung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel yang merupakan standard layar smartphone premium seperti Xiaomi Max.

Spek Mi Notebook Air

Laptop dengan material bodi metal ini dibuat bersih dibagian luarnya tanpa tulisan atau merk apapun yang menempel dengan pilihan warna elegan perak dan emas.Tidak hanya kuat diluar,bagian dalam atau otaknyapun tak kalah strong karena dibekali dengan prosesor Intel Core i5-6200U (up to 2,7GHz) yang merupakan prosesor generasi ke 6 intell. Kerja prosesor didukung dengan RAM besar yaitu 8 GB DDR4 serta urusan grafis diserahkan ke GPU NVIDIA GeForce 940MX dedicated graphics card. Media simpan internalnya tak tanggung-tanggung dibekali SSD PCLe berkapasitas 256 GB dan masih tersedia eksternal slot SATA jika diperlukan. So untuk para gammer maupun professional spek diatas sudah sangat mumpuni. Desain keren, eksekusi cepat,anti lag,grafis apik dan ruang yang lebar.

Port-port yang tersedia juga komplit untuk mengadopsi segala macam kebutuhan mulai dari dua buah USB 3.0, satu USB Type-C untuk charging, satu buah slot port HDMI serta sebuah jack 3,5mm untuk headphone. Untuk jaringan ada fasilitas koneksi Wi-fi 802.11ac lalu Keyboard backlit untuk mengetik dan input data sementara untuk entertainment dibekali juga speaker dual AKG. Yang keren adalah baterai Mi Notebook Air yang berkapasitas 40Wh ini dibuat layaknya smartphone yaitu dengan fitur fast charging. Hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam saja agar terisi penuh 100% yang bisa dipakai hingga 9 jam aktif. Dengan berbagai macam fasilitas notebook yang dibekali OS windows 10 tersebut punya bobot hanya 1,28kg saja sehingga cukup enteng kalau mau dibawa kemana-mana untuk mobile office anda.

Selain versi 13,3 inchi diatas ternyata Xiaomi membuat versi yang lebih rendah yaitu Mi Notebook Air dengan ukuran layar 12,5 inchi. Secara umum kinerjanya sedikit dibawah dari seri diatas karena hanya dibekali prosesor Intel Core M3 didukung RAM 4 GB serta media simpan yang tersedia sebesar 128 GB tanpa port USB type C. Tetapi versi 12,5 ini justru unggul dari sisi daya tahan baterai yang bisa dipakai hingga 11,5 jam.

Beberapa fitur unggulan yang menjadi kelebihan Mi Notebook Air diantaranya adalah Mi Cloud Sync untuk mensinkronkan data sehingga bisa mengambil semua file baik foto,video termasuk juga kontak yang ada di smartphone Xiaomi. Notebook ini juga bisa di buka atau unlock dengan perangkat kesehatan Mi Band 2 lewat fasilitas bluetooth. Untuk personaliasasi casingnya yang polos disediakan pula stiker unik yang bisa ditempel di bodi luarnya sesuai selera.

warna mi notebook air

Harga Mi Notebook Air

Seperti halnya harga smartphone, harga Mi Notebook Air juga sangat jauh jika dibanding dengan sang pionir Macbook padahal speknya tidak jauh. Untuk versi layar 13,3 inchi dibandrol sekitar 10 jutaan sementara yang satunya hanya sekitar 7 jutaan. Harga tersebut lebih murah dua pertiganya dari harga Apple Macbook Air. Keduanya baru dirilis di China dan baru tersedia 2 Agustus mendatang. Sejauh ini belum ada konfirmasi untuk ketersediaan di global termasuk Indonesia sehingga masih menunggu info selanjutnya.