Lolos Tenna, Inikah Calon Asus Zenfone 4?

Asus tahun 2016 kemarin fokus menghadirkan seri Asus Zenfone 3 ke pasar seluruh dunia termasuk di Indonesia lewat zenvolution di Bali September lalu. Meski terhitung seri ini termasuk masih baru namun bukan berarti tidak ada kemungkinan di tahun 2017 ini Asus meluncurkan generasi penerus Zenfone 3. Dari sebuah bocoran oleh situs techgrapple menyebutkan sebuah perangkat baru besutan Asus dengan kode Asus X00GD telah lolos sertifikasi Tenna. Itu artinya smartphone ini bakal segera dihadirkan di pasaran dalam waktu tidak lama lagi.

Karena belum ada konfirmasi dari pihak Asus, maka hal tersebut membuat banyak pihak yang berspekulasi jika smartphone ini bisa jadi adalah Asus Zenfone 4 yang bakal diluncurkan tahun 2017 ini. Tentu saja berita ini bisa jadi benar bisa jadi salah namun spekulasi tersebut bukannya tanpa dasar sama sekali. Melihat spek yang tercantum dalam sertifikasi tersebut memang nampak jika smartphone ini punya spesifikasi lebih tinggi dibanding seri zenfone 3 yang sudah ada.

Asus X00GD mengusung konsep mirip Asus Zenfone 3 Max dengan baterai besar mencapai 4850mAh melewati Max yang hanya 4100mAh saja. Lebar layar yang dipunya sebesar 5,2 inci dengan resolusi HD (720×1280 p). Mediatek MT6750 octa-core 1,5GHz adalah prosesor yang disematkan didukung dengan RAM dengan besaran bervariasi. Ada opsi RAM 2,3 dan 4GB. Pun demikian besaran memori internal juga dibuat 3 opsi yaitu 16,32 dan 64GB. Tentu saja dengan penambahan opsi microsd sebagai alternatif tambahan jika diperlukan.

Masih menurut kutipan dari techgrapple, smartphone ini dari segi tampilan agak bongsor karena mengusung baterai besar. Ukuran dimensinya 149,5 x 73,7 x 8,85mm dengan bobot 169,5 gram. Yang keren adalah OS yang disematkan adalah Android terbaru Android Nougat. Tidak ketinggalan sensor sidik jari juga disematkan dengan tata letak tetap menyatu ditombol home depan.

Sam dengan versi zenfone 3 nampaknya smartphone ini juga menjanjikan bakal punya kemampuan fotografi yang mumpuni. Kamera depannya sebesar 8MP sementara bagian belakang 13 MP dengan fasilitas Dual LedTone flash. Smartphone ini dibuat dengan opsi warna hitam, gold dan rose gold. Untuk lebih pastinya kita tunggu saja realisasinya di tahun 2017 ini apakah ini adalah penerus Zenfone 3 atau justru varian baru lagi.