Kelebihan USB Type-C, Port Anti Keliru Praktis dan simple

Kelebihan USB Type-C – Kalau pembaca mengikuti perkembangan teknologi terutama gadget dan smartphone terbaru saat ini maka akan ditemui sebuah istilah baru yakni USB Type-C. Ini adalah teknologi baru yang belum semua gadget ada dan diproyeksikan menjadi pengganti teknologi USB lama yang berbasis teknologi. USB lama disebut juga sebagai USB 2.0 atau 3.0 sedangkan type c ini disebut juga USB 3.1. Tercatat masih sedikit gadget yang sudah mulai mengimplementasikan USB Type-C diantaranya OnePlus 2 dan ZUK Z1. Nah apa kelebihan USB Type-C ini ? berikut markastekno ulas untuk anda.

kelebihan usb type-c

Kelebihan USB Type-C

1. Bentuk lebih ramping
Kalau usb lama bentuknya agak tebal dan ada 2 jenis berbeda yakni yang biasa dan micro sementara type ini bentuk portnya sangat ramping dan tidak ada macro maupun micro semuanya sama. Sehingga selama perangkat itu support USB type-c baik tablet,TV,notebook ataupun smartphone maka usb ini bisa dipakai.

2. Port ujung dan pangkal sama
Selain bentuk portnya ramping bentuk port usb type-c baik bagian ujung maupun pangkal bentuknya sama sehingga anda tidak perlu khawatir salah colok. Ini tentunya berbeda dengan USB lawas yang sebelum masuk port anda harus melihat dulu bentuk mana ujung mana pangkal agar tidak keliru.

3. Lebih tahan lama
USB type C punya daya tahan lebih lama dibanding usb lama dalam hal kemampuan pasang cabut dimana type c punya jatah sampai 10.000 kali sementara usb lama hanya bisa dipakai 1500 kali saja.

4.Transfer Data Lebih Cepat
Dengan teknologi yang terbaru maka USB Type menghasilkan kemampuan transfer data yang lebih besar dibanding USB type lawas tentunya. So sangat menunjang era perangkat modern yang membutuhkan data besar untuk pertukaran data.

5.Transfer Daya Lebih cepat
Disamping data lebih cepat ternyata USB type-c juga punya kemampuan transfer daya yang juga cepat sehingga membantu mempercepat proses ngecash baterai perangkat yang saat ini semakin besar saja. Memang sudah ada fitur fast charging dibeberapa ponsel seperti di Oppo R7 atau Galaxy S6 namun tanpa itupun dengan USB type C sudah bisa mempercepat proses ngecash ponsel.

Demikian tadi pembahasan tentang kelebihan USB Type C yang sekarang mulai marak dipakai oleh perangkat elektronik terutama smartphone terbaru.Kekurangan USB Type-C ini tentu saja adalah belum semua perangkat support terutama perangkat lawas sebelum ada teknologi ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca blog tekno markastekno.com dimanapun berada.