Kelebihan UFS ketimbang MicroSD

Saat ini media penyimpanan tambahan atau lebih dikenal sebagai memori eksternal didominasi oleh perangkat bernama MicroSD. Perangkat ini sudah akrab ditelingga pengguna smartphone yang merasa kurang dengan kemampuan daya tampung ponselnya. Saat ini dikenal ukuran microSd mulai dari 16GB,32GB,64GB hingga 128GB pun ada. Namun dominasi tersebut nampaknya tidak akan lama lagi bakal berakhir dengan kedatangan perangkat baru buatan Samsung yang diberi nama UFS atau Universal Flash storage). Ini adalah UFS pertama didunia yang dirilis ke pasar oleh Samsung. Nah pingin tahu dong apa saja kelebihan UFS ketimbang MicroSD? kalau iya kamu tak salah,teruskan bacanya.

Samsung termasuk yang enggan menaruh microsd di perangkat premiumnya contohnya adalah Galaxy S6 dan S6 Edge yang tidak bisa ditambah eksternal. Alasanya waktu itu adalah mereka tidak mau keberadaan MicroSD bakalan mengurangi kinerja secara keseluruhan ponsel dikarenakan kualitas microSD yang tidak standard. Hal tersebut tidak akan terjadi lagi mengingat UFS punya kelebihan yang tidak dipunya jenis kartu microsd.

memori card baru UFS

Kelebihan UFS ketimbang MicroSD

1. Kecepatan akses lebih tinggi

Kecepatan tulis baca sebuah ekternal memori sangat mempengaruhi kinerja smartphone secara keseluruhan. UFS menawarkan kecepatan tulis 170MB/s dan baca hingga 530MB/s jauh diatas microsd yang hanya mampu menulis 90MB/s dan membaca 156MB/s. Dengan kecepatan yang selisih hampir 3 kali lipat tersebut membuat UFS tidak akan terlalu mempengaruhi kecepatan eksekusi atau prosesing data di sebuah ponsel. Kekhawatiran menyimpan data beresolusi tinggi seperti video HD atau gambar besar dan tajam biasanya bakal membuat kinerja ponsel empot-empotan bakalan hilang.

2. Irit Konsumsi Baterai

Salah satu yang berkontribusi smartphone boros baterai adalah keberadaan memori eksternal microSD. Hal tersebut disebabkan ketika dipakai microSD membutuhkan daya hingga 2,7watt sementara UFS hanya membutuhkan daya 1,5 wattt saja.Maka dengan memori ini nantinya bakal membuat smartphone kamu tetap irit baterai meski dengan tambahan memori eksternal.

Dari sisi bentuk sebenarnya masih agak mirip dengan Microsd namun ada perbedaan yaitu adanya lekukan mirip sirip ikan hiu dibagian atas. Hingga saat ini memang belum ada perangkat yang memakai perangkat ini.Diperkirakan baru populer sekitar 2 tahun lagi atau 2018. Kemungkinan besar UFS bakal hadir di smartphone seri Galaxy 8 atau Galaxy 9 nantinya.