Kelebihan OS Tizen dibanding Android

Kehadiran Samsung Z2 di Indonesia ternyata juga mencuatkan OS mereka yang bernama Tizen. Publik mulai penasaran seperti apa sih mahluk bernama tarzan eh tizen ini setelah beredar luas promo Samsung Z2 yang cukup gencar di media massa. Hal itu wajar sebab selama ini nyaris tidak ada atau hanya sedikit yang pernah mendengar tentang OS ini. Apa itu Tizen,kelebihan Tizen serta apa beda tizen dengan Android? akan dijawab di pembahasan berikut.

kelebihan-tizen-dibanding-android

Secara umum Tizen adalah sistem operasi berbasis open source dengan Linux sebagai inti programnya atau sebagai kernelnya. OS ini adalah hasil kolaborasi segitiga antara Linux Foundation, intel serta sang raksasa elektronik Samsung. Jadi beda dengan Android yang besutan Google maka sejatinya ini adalah proyek pribadi Samsung. Meski sebagian besar perangkat butan Samsung ber OS Android namun pabrikan asal Korsel tersebut rupanya tidak mau tergantung kepada pihak lain untuk urusan software ini.

Sejak dari awal seri Samsung Z memang sudah di proyeksi untuk disuntikan tizen yaitu sejak Samsung Z1 sampai Z2 sekarang ini. Diluar itu tizen juga diselipkan di beberapa perangkat lain diantaranya smartwatch Gear S,Gear Fit serta smart TV Samsung.

Kelebihan OS Tizen dibanding Android

Ternyata kelebihan os tizen dibanding Android sangatlah sederhana yakni pada kebutuhan resources atau daya yang lebih ringan. Dengan kata lain tizen tidak terlalu membebani hardware untuk memaksimalkan kinerja sebuah smartphone. Dengan demikian meskipun dengan spek biasa saja maka kinerja yang dihasilkan smartphone ini cukup lumayan. Beban prosesor dan RAM menjadi tidak seberat jika memakai Android. ALhasil os ini sangat cocok buat ponsel kelas bawah yang punya spek biasa saja agar kinerjanya tetap mantab.

Namun demikian sebagai barang baru bukan berarti tizen tanpa kekurangan. Tizen tentunya disamping masih butuh waktu untuk populer sehingga masih agak canggung untuk pengguna awal. Kekurangan lain tizen yaitu jumlah aplikasi yanhg masih terbatas. Tizen baru mengadopsi aplikasi-aplikasi utama yang ada di android misalnya whatsapp,facebook,Line ataupun instagram. Tapi aplikasi baru semacam grab ataupun go-jek yang sedang populer belum bisa di aplikasikan disini.

Jadi untuk sesuatu yang baru rasanya tizen bisa menjadi alternatif diluar mainstraim yang selama ini dikuasai oleh Android dan iOS. Semoga dengan informsi ini semakin menambah wawasan kita setelah tahu apa itu android, windows phone mobile serta iOS maka inilah tizen.