Kelebihan dan kekurangan OS Windows Phone 8.1 dibanding Android

Sebagaimana kita ketahui bahwasannya dominasi Android di dunia software perponselan saat ini. Saking dominannya sampai banyak orang mengira kalau Android adalah satu-satunya OS didunia smartphone. Padahal masih ada iOS besutan Apple dan Windows Phone 8.1 dari microsoft. iOS tidak terlalu populer karena hanya disematkan di gadget produk dari Apple yang cenderung mahal dan untuk kalangan terbatas. Sementara windows phone banyak disematkan di smartphone yang dulu diproduksi NOKIA yakni serie Lumia yang sekarang diakuisisi Microsoft. Sejatinya banyak kelebihan windows phone 8.1 yang tidak diketahui.

kelebihan dan kekurangan os windows phone 8.1

Diantara seri windows phone yang sudah dibuat versi terbaru adalah windows Phone 10, namun karena masih dalam versi preview maka kebanyakan smartphone masih memakai windows Phone 8.1 .seperti Lumia 640 atau Lumia 540 dualsim dll. Jadi tidak hanya tahu kelebihan dan kekurangan Android Lollipop 5.0 saja tapi juga penting diketahui juga kelebihan dan kekurangan OS windows Phone 8.1 dibanding Android.

Kelebihan dan Kekurangan OS Windows Phone 8.1

Kelebihan windows Phone 8.1
– Adanya virtual asisten atau pembantu virtual yang diberi nama Cortana. Asisten ini akan menjadi pendamping setia untuk membantu pengguna dengan perintah suara. Seperti perintah ngecash baterai sampai perintah menelpon seseorang cukup hanya dengan perintah suara. Selain itu corsana juga bisa diperintahkan untuk menghibur pengguna dengan membacakan cerita, hasil pertandingan bola, meramal,bernyanyi bahkan membuat joke lucu. Fitur ini sama sekali tidak ada di ponsel android. Jika kita bertanya pada corsana, maka kita akan mendapat jawaban langsung sementara jika bertanya pada Google Now atau siri di IOS kita hanya mendapat hasil pencarian. So Corsana lebih baik dibanding Google Now dan siri iOS.
– Live Tiles adalah interface khas windows phone 1.0 berbentuk kotak-kotak seperti keramik rumah kita. Tampilan tersebut lebih informatif dan lebih nyaman dilihat karena lebih komprehensif dibanding interface android yang statis. Kerenya lagi meski live tiles aktif memberi informasi terus menerus namun tidak membuat boros baterai. Font serta apa saja yang ingin ditampilkan juga bisa diatur sesui selera. Fitur seperti ini tidak akan kamu temukan di android terbaru seperti android Lollipop sekalipun.
– Kustomisasi Lock Screen
Tombol pegunci pada windwos phone bisa setting sesuai dengan keinginan kita. Meskipun menu ini juga ada pada Android namun windows phone lebih memberi keluasaan dalam kustomisasinya.
-Adanya aplikasi eklusif khas Lumia
Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di windows phone 8.1 yang tidak dipunyai oleh android diantaranya Glance screen,Lumia selfie dan Lumia Panorama.
– Fitur HUB
Fitur ini pada intinya adalah menghubungkan semua aktifitas yang sering kita lakukan menjadi satu tempat. Misalnya anda bisa menyatukan aktifitas semua kontak twitter,facebook,path,linkedin dll menjadi satu.
– Windows Phone lebih aman
sifatnya yang tertutup lebih membuat windows Phone lebih aman sedangkan Android cenderung lebih mudah dihack atau kemasukan malware karena sifatnya yang open source.

Kekurangan windows Phone 8.1 dibanding Android adalah jumlah aplikasi yang terbatas. Meskipun sudah banyak pengembang aplikasi maupun game untuk kedua OS baik android maupun windows namun tetap saja jumlah aplikasi Android saat ini jauh lebih banyak.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan os windows phone 8.1 yang jarang orang tahu karena kalah populer dengan android. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia pergadgetan yang semakain beragam.Jangan lupa ikuti terus ya update berita tekno terbaru di blog ini.