Kelebihan dan kekurangan OnePlus 3, Keren Sayang Absen dari Indonesia

Sebelumnya sudah banyak sekali artikel yang membahas bocoran smartphone asal China ini namun yang benar-benar sesuai dengan kenyataan adalah pembahasan setelah hari ini dan seterusnya. Hal itu dikarenakan smartphone ini hari ini telah resmi diluncurkan atau diperkenalkan ke publik. Dengan demikian berbagai hal menyangkut bentuk dan isi jeroanya sudah tidak dalam bentuk rumors lagi tapi realita. Seperti apa wujud serta kelebihan dan kekurangan OnePlus 3?

kelebihan dan kekurangan oneplus 3

Sama dengan seri sebelumnya seperti oneplus 2 dan oneplus x smartphone ini tetap mengusung konsep unibodi yang ramping. Namun kali ini terlihat lebih mewah dan premium karena bodinya tidak berbahan plastik melainkan alumunium anodise. Warna yang dihadirkan juga terkesaan cool dan dewasa yaitu graphite dan soft gold. Kualitas layar berukuran besar 5,5 inchi tak tanggung-tanggung karena menggunakan teknologi Optic AMOLED dengan resolusi FullHD dengan kepadatan mencapai 401 ppi. So soal sensasi ketajaman gambar sudah tidak perlu dipertanyakan lagi apalagi dilindungi dengan corning Gorilla Glass 4.

Dari 2 warna tersebut ternyata hanya versi warna graphite yang akan dijual secara gobal nantinya sementara yang versi emas belum ada kejelasan, mungkin untuk lokal China saja. Yang jelas dengan bandrol harga awal USD399 atau sekira Rp5,3 juta terbilang murah meriah mengingat spesifikasi OnePlus 3 termasuk sangat tinggi sejajar bahkan lebih tinggi dari ponsel flagship yang beredar saat ini seperti Galaxy S7 sekalipun.

Pembaca bisa bandingkan meski otaknya memakai prosesor yang kebanyakan dipakai kalangan flagship yakni snapdragon 820 berspeed 2,15GHz yang bisa dioverclock hingga 2,3 GHz. Namun RAM yang dibawa adalah 6 GB tertinggi dikelasnya atau sejajar dengan flagship terbaru dari Asus yaitu Zenfone 3 Deluxe yang terlebih dahulu rilis. Digabung dengan grafis Adreno 530 membuat gaming terasa mantab dari sisi gambar. Meski spek tinggi bukan berarti tanpa cela karena ternyata tidak ada slot micro sd yang disediakan mengakibatkan pengguna harus cukup dengan memori internal sebesar 64GB yang disediakan. Baterai mengikuti desain tentunya nonremovable berdaya 300mAh namun sudah dengan fast charging.

Kamera smartphone berOS Android Marshmallow tersebut juga mumpuni karena beresolusi 16MP dengan sensor Sony IMX298 aperture f/2.0 dengan fitur OIS,phase detection autofokus serta LEDFlash. Sementara untuk selfie bisa memakai kamera dengan resolusi 8MP yang dilengkapi .Electric Image Stabilization (EIS) agar hasil foto tidak goyang.

Fasilitas tambahan keren lainya yang dipunya OnePlus 3 diantaranya dari sisi konektifitas sudah dualsimcard,NFC, Wi-Fi ac, RGB notification light, alert slider serta 4G LTE Cat.6. Audio juga mantab dengan speaker dibawah bodi dengan teknologi Dirac HD sound sementara dual microphone yang dipunya dilengkapi dengan noise cancellation.

Sayangnya dengan kelebihan dan kekurangan Oneplus 3 yang ada bagaimanapun kondisinya sepertinya ponsel ini tidak akan dihadirkan secara resmi di Indonesia.Hal tersebut dikarenakan oneplus beberapa hari lalu telah mengumumkan bahwasanya mereka telah menghentikan operasionalnya di Indonesia karena masalah TKDN.