Kelebihan dan kekurangan Lumia 535

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Lumia 535 –  Sebagaimana publik ketahui jika produsen ponsel yang pernah jaya di era 2000-an sebelum era smartphone yakni Nokia telah diakuisisi oleh perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates Microsoft. Pelan-pelan Microsoft menghilangkan produk peran Nokia dari produk smartphone keluaran mereka, namun demikian belum 100% hilang. Dalam masa transisi Seri-seri Lumia terdahulu masih memakai konsep dari perusahaan Nokia awal meski sudah diproduksi oleh Microsoft device. Namun mulai saat ini Microsoft sudah mencoba untuk membuat produk dari mereka sendiri dari mulai konsep sampai produksi. Salah satunya adalah Lumia 535 yang belum lama dirilis adalah contoh smartphone “asli” mereka. Nah bagaimana sisi spek serta apa saja kelebihan dan kekurangan Nokia 535 ? mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan Lumia 535

Desain

Berbeda dengan seri Lumia sebelumnya yang selalu punya pakem berbentuk kotak dengan sudut cenderung tajam sehingga terkesan kaku dan kurang fleksible. Kali ini sepertinya Microsoft belajar dari gadget-gadget Android yang lebih variatif dengan membuat desain yang lebih ergonomis yakni dengan sudut yang melengkung. Namun demikian ciri khas Lumia dengan casing bermatrial plastik serta cover belakang yang bisa dibuka dan diganti masih tetap dipertahankan. Selain memberi efek pigura, pilihan warna-warni casing yang ngejereng membuat Nokia 535 tampil sangat ceria dimana-mana.

Layar
Lumia 535 mengusung layar berukuran cukup lebar dan menjadi standard kebanyakan smartphone saat ini yakni 5 inchi. Sayangnya resolusi layar tergolong pas-pas-an yakni qHD atau 540 x 920 piksel dengan kepadatan yang rendah pula. Namun agak ketolong oleh teknologi IPS didalamnya sehingga cukup jelas meski tidak setajam gadget beresolusi tinggi.Layar juga aman karena sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass 3. Desain layar sangat simple karena hanya ada tombol volume dan pengunci layar. Ketiadaan lampu LED membuat anda harus rajin membuka layar untuk melihat notifikasi yang masuk.

Spesifikasi Lumia 535
Produk yang pernah begitu lekat dengan Nokia tersebut punya spek yang lumayan untuk kelas menengah. Prosesor yang disematkan adalah Qualcomm Snapdragon quadCore 1,2 Ghz dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB yang bisa ditambah dengan MicroSD. OS terbaru windows Phone versi 8.1 dengan berbagai aplikasi bawaan termasuk office lengkap. Baterai yang dipakai juga tidaklah besar yakni 1905 mAh saja namun bersifat removable atau bisa diganti. Smartphone ini sudah support dualsim (microsim) dan konektifitas lengkap mulai wifi,bluetooth, serta jaringan 2G,3G dan HSPA namun sayang belum support 4G LTE seperti Lumia 640 LTE.

Untuk fasilitas kamera dibekali dengan resolusi yang sama yakni 5 MP baik didepan maupun belakang.  Kamera ini untuk ponsel kelas menengah tidaklah spektakuler namun cukup baik apalagi bisa dioptimasi dengan fitu khas Lumia yakni aplikasi camera untuk menset white balance,fokus,ISO dll. Tangkapan kamera depan cukup luas sehingga cocok untuk grofie dengan 4-5 orang sekaligus dalam satu frame.

Harga Lumia 535

Ponsel ini sudah hadir di Indonesia dan dijual di lazada dengan harga 1.720.000,- ,harga yang cukup konservatif untuk kalangan menengah ke bawah.

Kelebihan dan kekurangan Lumia 535

Dari berbagai sisi informasi spek diatas maka dapatlah kiranya bisa diambil kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan Lumia 535 diantaranya :

Kelebihan Lumia 535
– Desain elegan
– casing warna warni cerah dan bisa dicopot/diganti
– navigasi simple
– Prosesor quadcore
– RAM 1 GB
– Tangkapan kamera depan luas
– Dual sim
– aplikasi office bawaan lengkap
Kekurangan Lumia 535
-tidak ada lampu led untuk notifikasi
– belum support jaringan 4G
-baterai cukup kecil
Nah demikian tadi info seputar spesifikasi dan terutama sisi kelebihan dan kekurangan Lumia 535, smartphone pertama yang didesain oleh Microsoft. Untuk kalangan menengah bawah namun butuh smartphone dengan kinerja yang baik dengan harga yang tidak mahal rasanya Lumia 535 cukup rekomended. Apalagi buat kamu yang sudah bosan dengan smartphone ber OS Android yang banyak beredar.