Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Classic Q20

Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Classic Q20 –  Persaingan dunia gadget saat ini hanya didominasi oleh android dan ios lalu ada windows phone sayup-sayup. Lalu dimanakah Blackberry? ponsel yang sempet jadi perangkat wajib orang Indonesia itu sepertinya lenyap ditelan bumi. Sejatinya mereka masih mencoba eksis dijagad perponselan dunia. Kini mereka merubah orientasi ke ceruk pasar yang segmented yakni kaum pebisnis yang lebih mengutamakan fungsi dari pada etertainmet ataupun medsos. Terbukti setelah merilis Blackberry Leap beberapa bulan lalu kembali mereka menghadirkan Blackberry Classic Q20 yang mengusung konsep lama yakni dengan tombol fisik qwerty. Tentu ini berita gembira buat mereka yang ingin bernostalgia di era 2005-an ataupun mereka yang kurang sreg dengan ponsel sekarang yang kebanyakan memakai touchscreen.Yup Blackberry identik dengan tombol fisik Qwerty serta BBM, namun BBM sudah bisa dipakai oleh Android. Namanya saja classic pasti membawa unsur masa lalu yang dikenang orang sebagai kelebihan dari Blackberry yakni tombol fisik qwerty.Nah bagimana spek serta kelebihan dan kekurangan Blackberry Classic Q20? mari kita simak ulasannya berikut ini.

kelebihan dan kekurangan Blackberry Classic Q20

 

Desain

Dari sisi bentuk sekilas hampir sama dengan seri BB primadona waktu itu yakni Blackberry Bold 9900 Dakota dengan bentuk desain khas BB dengan sudut curva di keempat sisinya. Yang membedakan adalah kali ini sudah ada sentuhan era modern yakni memakai layar sentuh.Meski demikian sentuhan modern sama sekali tidak menghilangkan icon-icon lama yang sangat legendaris yakni Trakpad,menu,call end dan back. Sayang bodinya sekarang menganut unibodi sehingga otomatis baterai nyapun tidak bisa diganti sendiri alias ron removable,ini jadi kekurangan Blackberry Classic Q20.Meski demikian desain unibodi tetaplah membuat bb ini terlihat kokoh dan menawan apalagi ada sentuhan stainless steel di frame yang mengelilingi bodi. Casing belakang juga tidak licin sehingga cukup nyaman digenggam.

Layar

Karena mempertahankan keyboard fisik maka tentu saja sebagai konsekwensinya adalah mengorbankan lebar layar.Luas layarnya hanya 3,5 inchi atau sama dengan blackberry Pasport.Resolusinya 720×720 pixel dengan kepadatan 294 ppi. Kualitas layar demikian memang sudah cukup untuk membuka aplikasi macam email,chatting ataupun browsing namun untuk main game atau video terasa kurang.

Keyboard

Telah disebutkan diatas bahwa dengan menu navigasi oldist serta keyboard qwerty tentu sangat memudahkan anda untuk mengetik dengan cepat dengan sedikit typo atau kesalahan meski dengan satu tangan sekalipun. Hal itu karena untuk memudahkan dan kenyamanan dalam mengetik keyboard dibuat lebih besar dibanding BB dakota.Kelebihan Blackberry Classic Q20 ini menjadi asa tersendiri untuk kamu-kamu yang jengah dengan tombol layar sentuh yang bikin emosi karena sering salah ketik.

Spesifikasi Blackberry Classic Q20

Dari sisi spec cukup lumayan meski tidak terlalu tinggi yakni mengusung chipset Qualcomm Snapdragon dengan prosesor dual-core 1,5GHz. Kinerjanya didukung RAM 2GB dan media simpan 16 GB yang bisa ditambah MicroSd.Diperkuat dengan OS terbaru Blackberry 10 dengan berbagai fitur menarik termasuk mengadopsi aplikasi Android sekalipun. Untuk menemani aktifitas anda telah disematkan baterai Li-iOn berkapasitas 2515 mAH dengan daya tahan 12 jam.Spek tersebut diatas meski tidak spektakuler namun sudah cukup untuk menghilangkan jam pasir yang menjadi momok bagi pengguna BB dimasa lalu.

Meski bukan fitur utama, kamera Blackberry Classic cukup lumayan dengan resolusi 8 MP dibelakang dan 2 MP didepan. Hasil foto cukup baik meski di tempat cahaya minim. Pun demikian Untuk selfie ataupun video call cukup memadai.

Fitur Unggulan

OS blackberry 10 browsing lebih cepat ini sangat cocok untuk aktifitas kerja,bisnis atau kantor. disamping itu ada fitur BlackBerry® Hub untuk memudahkan pengelolaan chat,email,bbm,telpon,medsos dll menjadi satu sangat memudahkan anda untuk menjawab tanpa harus membuka satu persatu.Ada juga fitur BlackBerry® Assistant yang berfungsi mengelola email,contact hanya lewat suara.

Harga BB Classic Q20

Smartphone ini sudah bisa dibeli di Indonesia lewat toko online Lazada.co.id. Sayang hargaya masih tergolong mahal untuk ukuran orang Indonesia yakni dikisaran 5 jutaan. Harga segitu tentu saja membuat berpikir 2 kali untuk membeli jika dibanding dengan gadget Android yang lebih murah dengan spek lebih tinggi diluar sana.

Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Classic Q20

Nah setelah pembahasan yang cukup panjang dan lebar diatas kiranya bisa diambil kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Classic Q20 yaitu:

Kelebihan Blackberry Classic Q20
– Keyboad Fisik Qwerty yang lebar memudahkan pengetikan
– Desain kokoh dan elegan dengan frame stainless steel
– RAM 2 GB
– OS Blackberry 10 dengan berbagai fitur penunjang bisnis
– Performance cukup baik

Kekurangan Blackberry Classic Q20
– Prosesor masih dual core
– layar kecil
– Desain unibodi dan baterai nonremovable
– Harga cukup mahal

Demikianlah kesimpulan tentang Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Classic Q20 yang bisa kami paparkan secara umum keimpulan kami adalah BB Classic ini cocok untuk anda yang mengutamakan fungsi penunjang kerja daripada entertainmet dan tidak mempersoalkan harga tentunya.Buat kamu yang BBM nya belum diperbarui ikuti update BBM terbaru yang menawarkan PIN cantik.