Jangan Ditiru,Berikut Cara Yang salah Menghemat baterai smartphone

Banyaknya aplikasi mulai dari medsos seperti facebook dan instagram,game ataupun aplikasi lain sebarek membuat kerja smartphone menjadi berat.Tak heran jika saat ini banyak pemegang smartphone yang mengeluh karena borosnya baterai ponsel yang mereka punya. Hal itu membuat ketidaknyamanan saat beraktifitas diluar karena was-was akan kehabisan baterai setiap saat dan kudu ngecash lagi. Sebenarnya ada beberapa metode untuk menghemat pemakaian baterai diantaranya yaitu menghilangkan aplikasi Android yang boros baterai.

cara yang salah menghemat baterai

Salah satu cara yang dianggap umum bakalan bisa menghemat baterai ternyata secara ilmiah keliru yaitu menghapus recent app atau deretan aplikasi terbaru yang sedang dibuka. Mungkin saya atau pembaca markastekno ini menganggap dengan menghapus aplikasi yang terdaftar di recent apps akan dapat menghemat baterai karena menganggap aplikasi-aplikasi tersebut masih bekerja.Benarkah demikian? ternyata menurut majalah teknologi Cnet justru sebaliknya alih-alih membuat hemat baterai penghapusan recent Apps justru berpotensi menambah boros konsumsi daya baterai. Kok bisa! tenang gan sista begini penjelasannya:

Seperti halnya komputer semua aplikasi yang sedang dibuka akan menyimpan cache di memori perangkat tersebut atau lebih simplenya akan tersimpan sementara di RAM bukan di hardisk.File bekas yang tersimpan di RAM tersebut tidak terus bekerja dan memakan baterai tetapi hanya tersimpan saja sementara di memori. File tersebut akan bermanfaat manakala kita akan membuka aplikasi yang sama dilain waktu. Dengan demikian smartphone tidak perlu mengulang lagi dari awal karena cukup mengambil data dari recent app yang tersimpan tersebut. Selain lebih cepat tentunya juga menghemat daya baterai yang digunakan.

Selain menyangkut kapasitas baterai kalau mau menghemat daya baterai smartphone setidaknya ada satu hal penting yang cukup signifikan yang bisa dilakukan yaitu dengan tidak mengaktifkan Aplikasi yang memunculkan notifikasi terus menerus.Contoh aplikasi tersebut terutama adalah medsos populer seperti facebook,instagram dan gmail. Ketika aplikasi tersebut aktif maka akan terus terhubung ke internet dan memaksa smartphone terus bekerja sebagai background sepanjang hari 24 jam penuh. Jadi meskipun sepertinya tidak terlalu nampak aktifitas namun sejatinya aplikasi tersebut bakalan menyedot daya cukup signifikan. Agar tetap tidak ketinggalan berita kamu bisa sekali waktu browing dan membuka aplikasi tersebut di browser.Contoh facebook atau instagram anda bisa buka beberapa kali tiap hari agar tidak ketinggalan update dari teman-teman kamu.

Kalau tidak mau melakukan hal tersebut diatas karena kamu orangnya aktif dan harus terhubung dengan medsos maka ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk mensiasati penggunaan baterai ini.
1. Pilih smartphone dengan kapasitas baterai yang besar seperti Asus Zenfone 2 Max atau Lenovo Vibe P1 Turbo yang berkapasitas hingga 5000mAh tentunya tahan 1-2 hari meski dalam kondisi dipakai aktif.
2. Membawa Powerbank
Meski agak repot cara ini termasuk paling banyak digunakan saat ini karena sudah banyak beredar powerbank dengan kapasitas besar namun bentuknya mungil dan ringan sehingga tidak terlalu merepotkan kalau dibawa. Contohnya adalah Asus Zenpower Powerbank dan Vivan Powerbank L8 7500mah dan JP10 10000mAh.

Demikianlah tips cara yang salah menghemat baterai smartphone terutama anda pemegang smartphone Android karena selama ini memang dikenal boros daya karena banyaknya aplikasi yang bisa dipakai padahal banyak diantaranya yang tidak perlu dan tidak bermanfaat.Pakailah seperlunya dan sesuaikan dengan kapasitas baterai ponsel agan menjadi kata kunci bagaimana agar kita bisa berhemat pemakaiab baterai.