Fungsi Sama, Pilih Oppo F3 atau F3 Plus?

Meski nampak latah ikut trend kamera depan double namun Oppo tetaplah menjadi ikon smartphone berfitur terkini dengan harga terjangkau bersaing dengan sesama produk asal China yang sudah beredar di Indonesia. Setelah beberapa bulan lalu telah diluncurkan Oppo F3 Plus yang mengandalkan dua kamera ganda di depan kini mereka meluncurkan seri penerusnya yakni Oppo F3 tanpa plus. Hilangnya embel-embel plus diseri ini tentunya nampak jika versi ini lebih rendah dibanding versi Plus.

Yup memang benar Oppo F3 yang saat ini sudah bisa di pre order sejak 5-12 Mei ini memang versi ngirit dari F3 Plus. Meski begitu apa yang ditampilkan F3 ini hampir mirip dengan pendahulunya tersebut yaitu menjadikan kamera selfie sebagai andalannya. Jika hampir mirip dari sisi penampilan dan kelebihan lalu bagaimana dengan harga Oppo F3? ternyata lumayan jauh juga. Oppo F1 Plus saat ini di beberapa toko online masih dijual dikisaran harga 6 jutaan sementara F3 ini dilepas ke market dengan bandrol hanya 4.399.000 rupiah saja. Selisih hampir 2 jutaan rupiah boo, berasa banget buat kalangan menengah bawah. Eiits tunggu dulu lihat perbandingan speknya dulu baru bisa pilih Oppo F3 atau F3 Plus.

pilih Oppo F3 atau F3 Plus

Pilih Oppo F3 atau F3 Plus

Desain

Penampilan luar sulit dibedakan satu sama lain karena bentuknya yang sama dengan mengusung konsep unibodi yang tipis dan elegan. namun kalau disandingkan bakal terlihat jika F3 ukurannya lebih kecil karena mengusung layar 5.5 inchi sementara F3 Plus 6 inchi.

spek dan kinerja

Tidak seperti F3 Plus yang memakai prosesor snapdragon 653 Octa core 1.95GHz yang merupakan terbaik di kelas menengah hingga saat ini F3 kali ini memakai Mediatek MT6750T Octa-core 1.5GHz. Sehingga dari sisi kinerja tidak secepat F3 Plus namun tidak terlalu jauh karena tetap dibekali RAM yang sama yakni 4GB serta memori internal 64 Gb yang bisa ditambah dengan eksternal slot. Daya hidup F3 juga sedikit lebih rendah karena dibekali baterai 3200mAh saja sementara F3 Plus sudah 4000mAh. Persamaan sekaligus kekurangan Oppo F3 dan F3 Plus terletak pada penggunaan Android 6.0 berbasis Marsmellow padahal saat ini jamannya android Nougat.

Kamera

Ini fitur andalan seperti punya Vivo V5, yaitu mengusung 2 kamera depan yang punya fungsi berbeda satu sama lain. Kemampuan kamera baik F3 maupun F3 PLus sama persis yakni 16 MP untuk selfie normal dan 8MP dengan wide angle mencapai 120 derajat untuk selfie bareng-bareng. So nga perlu repot-repot lagi bawa stik kemana-mana. Namun untuk kamera utama atau belakang F3 Plus punya kelebihan karena dibekali resolusi lebih besar yaitu 16MP sementara F3 hanya 13MP.

Fingerprint super cepat

Yang ini juga terdapat di keduanya yaitu penggunaan sensor sidik jari super cepat pada keduanya yang disebut dengan teknologi Lightning-Fast Touch Acces yang hanya membutuhkan waktu 0.2 detik saja untuk unlock smartphone tersebut.

Kesimpulan

Menurut markastekno perbedaan spek Oppo F3 dan F3 Plus tidak terlalu jauh apalagi fungsi utama atau keunggulan yang menjadi core point keduanya yaitu kamera selfie sama persis. Dengan selisih harga hapir 2 jutaan maka kalau ada pertanyaan pilih Oppo F3 atau F3 Plus maka jawabnya F3 coy. Apalagi dimasa pre-order di Lazada anda bisa dapat bonus berupa Tas Barca seharga 1 juta. Tapi kalau kondisi keuangan memungkinkan F3 Plus bakal memberi kepuasan tersendiri terutama penikmat foto serta untuk penunjang pekerjaan. Dan satu lagi kekurangan Oppo F3 dan F3 Plus juga sama baterai non removable serta OS masih berbasis Android 6.0.