Begini Dua Kamera Leica di Huawei P9 Bekerja

Sebagaimana yang kemarin markastekno sampaikan ketika membahas kehadiran seri terbaru smartphone premium asal China yaitu Huawei P9 dan P9 Plus.Keduanya mengusung begitu banyak keistimewaan baik dari sisi desain maupun spek yang dipunya.Namun diantara yang paling menonjol dan belum banyak yang memakai adalah kehadiran dua kamera utama dibelakang bodi.Meski sebelumnya ada LG dengan LG G5 nya yang juga memakai 2 kamera akan tetapi keduanya tidaklah sama cara kerjanya apalagi kehadiran Leica sebagai penyedia lensa cukup menarik perhatian. Leica sendiri sebelumya dikenal mumpuni sebagai produsen pembuat kamera berkualitas tinggi asal Jerman.Hasil kamera buatan Leica semua untuk kalangan kelas atas karena harga termurah hasil produksinya dikisaran 10 jutaan rupiah. Untuk itu menarik disimak bagaimana sebenarnya cara kedua kamera itu bekerja sehingga bisa menghasilkan hasil gambar yang mumpuni dan sensasional.Seperti yang kami kutip dari GizChina berikut pembahasan perangkat kolaborasi huawei dan leica tersebut :

dual kamera Huawei-P9

                                                                                                    gmbr:gizmochina

Dua kamera beresolusi 12 MP tersebut meski memotret pada objek yang sama akan tetapi punya kemampuan tangkap yang berbeda. Yang satu untuk menangkap objek berwarna atau RGB (Red,Green,Blue) sedangkan satunya lagi untuk menangkap gambar B&W (Black and white) atau hitam putih.Lensa pertama menghasilkan gambar terbaik ketika kondisi pencahayaan normal sedangkan yang hitam putih dapat menagkap detail lebih tajam dalam kondisi kurang cahaya atau low light. Gabungan dari keduanya membuat hasil gambar pemotertan tetap tajam meski dalam keadaan minim cahaya.

Keistimewaan lain dari keduanya adalah keberadaan fitur refocussing yang biasanya hanya bisa ditemui di kamera DSLR mahal yang dipunya para fotografer profesional.Seperti apa bentuk nyata dari refocussing? secara mudah adalah anda bisa memotret dengan fokus ke satu objek sementara yang lain bisa diblur atau dibuat kabur. Contoh sederhana adalah foto pemain sepakbola dilapangan yang hanya fokus pada 1 pemain dan mengaburkan gambar penonton di belakangnya. Ada juga gambar kupu-kupu yang sedang nangkring di pepohonan bisa dibuat gambar detail kupunya saja dengan membuat blur objek lain seperti pohon,daun dll disekitarnya.

hasil foto refocus Huawei-P9

                                                                                                                                                    gmbr:gizmochina

Apakah keistimewaan diatas cukup bermanfaat buat pengguna Huawei P9? tentunya perlu waktu untuk membuktikan karena smartphone ini baru saja dirilis. Namun kalau mengingat trend akhir-akhir ini dimana semakin banyak ponsel yang sangat memperhatikan unsur kamera seperti Oppo F1 Plus maka besar kemungkina pasar bakal menyambut dengan baik,kita lihat saja nantinya.