Android N Preview Developer 2 Hadir dengan Fitur 3D Touch

OS terbaru Android N versi preview atau developer 1 telah resmi dirilis bulan lalu dan kita sudah bahas beberapa kelebihan Android N versi preview. Ternyata bulan ini sudah hadir Android N preview developer 2 sudah dimuncul kembali dengan tambahan fitur yang sebelumnya belum ada. Masih dengan versi developer namun tentunya ada penyempurnaan disana sini.Sebagaimana yang kita tahu bahwasannya Android N adalah penerus dari seri Android Marshmallow 6.0 namun hingga hari ini inisial N masih belum resmi kepanjangan dari apa. Yang pasti mengikuti nama sebelumnya selalu berhubungan dengan nama makanan populer jadi rumor yang muncul bisa saja N tersebut adalah nanonano,nutella ataupun nugget. Apapaun namanya yang jelas pasti ada hal-hal baru yang selalu dibawa sebagai nilai tambah dari produk sebelumnya.

Android-N-versi developer 2

Salah satu yang sudah mulai diujicoba di versi beta Android 7.0 ini adalah force touch atau 3D touch yang saat ini baru diterapkan di ponsel iPhone 6s terbaru. Karena belum diberi nama maka belum ada penyebutan apa untuk fitur tersebut yang pasti fungsinya hampir sama dengan yang disematkan di iPhone 6s tersebut.Essensi dari fitur ini adalah membuat layar smartphone sensitif terhadap tekanan. Artinya nantinya layar yang ditekan dengan pelan dengan ditekan agak berat akan memunculkan hasil yang berbeda.

Pihak Google sebagai sang empunya Android rupanya melihat adanya permintaan pasar yang cukup signifikan agar fitur ini bisa dimunculkan di semua smartphone yang memakai android 7.0. Apalagi Apple sebagai pesaing perangkat Android sudah terlebih dahulu mengoperasikan fitur ini di ponsel iPhone 6s.Maka dengan difungsikannya aplikasi ini di Android N maka nantinya semua perangkat bisa merasakan fitur mahal yang biasanya hanya ada di ponsel mahal buatan Apple di perangkat mereka. Namun demikian seperti apa hasil akhir aplikasi ini nantinya masih menunggu hasil ujicoba dan peluncuran resmi tahun 2016 ini juga karena saat ini masih dalam tahap mencari masukan dari berbagai pihak terutama para developer atau pengembang. Anda masih diberi kesempatan untuk memberi sumbang saran soal nama ini.